Header Ads

Legislator Manado Sesalkan Penempatan Instruktur Pusat Di daerah



Manado, Editorialsulut.com - Legislator Manado dari Dapil Singkil-Mapanget, menyesalkan penempatan instruktur pusat di BLK daerah termasuk Manado, karena menyinggung daerah sebab dinilai tak memandang kualitas SDM di daerah.

"Kami di daerah memiliki banyak instruktur yang terlatih, jadi tidak perlu dari pusat, karena di sini juga sudah banyak yang memiliki kualifikasi secara akademis bahkan ada yang sampai S3, jadi tak perlu pusat menempatkan pelatih di Manado," kata Sole, sapaan akrab politisi Golkar itu.

Dia mengatakan, sudah menempatkan tenaga pelatih dari pusat di daerah, yang lokal Manado pun tak dilibatkan, padahal memiliki skil yang sama.

"Ini sama dengan tidak memikirkan kearifan lokal, padahal jika melibatkan tenaga pelatih atau instruktur lokal, maka otomatis  bisa juga menghemat anggaran yang seharusnya disediakan untuk membayar pelatih," katanya.

Menurutnya, pemerintah pusat mengucurkan dana sekitar Rp6 triliun untuk pelatihan, lebih baik diberikan ke daerah dan memberdayakan instruktur lokal memberikan pelatihan, sehingga bisa juga mengurangi pengangguran.

Juga katanya, para lulusan SMA/SMK yang masuk BLK dan diberikan pelatihan juga akan mendapatkan ketrampilan baik, sehingga tidak akan kesulitan lagi saat bekerja. (dims)
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.