Header Ads

Dalam Pandemi Covid-19 Herwyn Malonda Evaluasi jajaran Divisi SDM Bawaslu Sulut



Manado, Editorialsulut.com-Meski dalam pandemi COVID-19, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara Herwyn Malonda tetap melaksanakan fungsi kontrol, khususnya pada Divisi SDM dan Organisasi.

Jumat (15/5/2020), Herwyn Malonda memimpin rapat koordinasi secara daring bersama jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota se–Provinsi Sulawesi Utara.

"Saya minta admin dan staf di provinsi serta Pimpinan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk menginventarisir mereka yang tidak pernah mengikuti zoom meeting, agar saling memonitoring dan melakukan koordinasi secara kelembagaan,” ujar Herwyn membuka rapat.

Herwyn mengatakan, sambil menunggu kebijakan nasional tentang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serta kebijakan dan arahan dari Bawaslu RI terkait revisi standar pengawasan pada pemilihan kepala daerah termasuk petunjuk teknis (Juknis) ataupun surat edaran terkait pengaktifan kembali jajaran ad hoc (jajaran Panwaslu Kecamatan) maka diharapkan Bawaslu Kabupaten/Kota dapat memeriksa kembali, apakah saat ini masih memenui syarat sebagai penyelenggara pemilu dan juga apakah ada jajaran Panwaslu Kecamatan yang diinformasikan positif terkena virus COVID-19.

“Bila nantinya Pilkada akan berlanjut maka tentu akan ada sistem pengawasan secara kelembagaan. Jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota ditugaskan pula untuk segera mulai mengukur potensi kerawanan pelanggaran pemilihan kepala daerah,” ujar Herwyn Malonda.

Ia meminta seluruh personel Bawaslu Kabupaten/Kota agar menyusun kegiatan pelatihan yang melibatkan pihak luar sebagai narasumber/pembicara kepada jajaran Bawaslu di Sulut.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan diskusi bersama terkait dengan pengawasan tahapan, program, dan jadwal pemilihan kepala daerah tahun 2020 ini di tengah–tengah wabah COVID-19.

Herwyn menambahkan telah direncanakan koordinasi berskala nasional, yang nantinya akan melibatkan jajaran Bawaslu RI hingga jajaran Pengawas Ad Hoc di kecamatan.

“Dijadwalkan untuk minggu depan akan diadakan kegiatan zoom meeting lainnya yang juga akan melibatkan seluruh jajaran sampai di kecamatan, walaupun ad hoc belum aktif secara kelembagaan, dengan menghadirkan pembicara/narasumber dari pihak eksternal Bawaslu,” kunci Herwyn.(Dims)
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.