Ini Tips CMC dan YR15CI Bitung Sebelum Memulai Kembali Touring



MANADO, Editorialsulut.com -Komunitas anak motor di Manado, Sulawesi Utara sudah tidak sabar lagi untuk melakukan touring setelah hampir empat bulan absen akibat pandemi COVID-19. Mereka menantikan tatanan New Normal segera diterapkan di Manado, sehingga mereka bisa kembali ‘memanaskan mesin’ di jalanan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.



Akbar Gobel, salah satu pentolan CBR Manado Community yang tergabung dalam Bold Riders Manado, berbagi tips untuk siapa saja yang sudah tidak sabar ‘mengaspal’ setelah lebih dari 4 bulan lockdown.

Menurut Akbar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin melakukan touring pada saat pandemi COVID-19 masih terjadi. Protokol pencegahan COVID-19 mutlak harus diterapkan selama ‘mengukur jalanan’.



“Sebelum melakukan touring, siapkan dulu kondisi fisik. Cek kesehatan untuk memastikan kondisi fisik prima. Kalau fisik sedang tidak fit, jangan dipaksakan. Lalu, jangan lupa patuhi anjuran pemerintah dengan memakai masker dan sering cuci tangan saat beristirahat,” ujar Ketua Bold Riders Manado ini, Selasa (30/6).

Akbar menambahkan, sebaiknya setiap orang yang akan melakukan touring membawa botol minuman sendiri dan perbanyak minum vitamin. Selain itu, jangan berboncengan dulu dan selalu jaga jarak dengan orang lain atau lebih tepatnya hindari kerumunan massa.

“Jangan lupa siapkan juga surat-surat penting seperti surat bebas COVID-19 jika touring dilakukan ke luar kota, karena di pintu-pintu masuk kota/kabupaten, selalu ada penjagaan,” urai Akbar.

Sementara itu Ketua YR15CI Kota Bitung, Tri Edi Wibowo Hartono juga punya tips bagi siapa saja yang akan melakukan touring. Menurutnya, persiapan sebelum touring harus benar-benar matang.

“Riders yang ingin melakukan touring wajb dalam kondisi sehat. Kalau kurang sehat, sebaiknya nggak usah keluar dulu. Apalagi sudah lebih dari 4 bulan tidak melakukan touring,” tutur Edi, yang juga tergabung dalam Bold Riders Manado ini.

Lebih lanjut, Edi juga menyarankan setiap peserta touring harus membawa masker dan hand sanitizer. Selain itu, physical distancing juga tetap harus diperhatikan dan tidak perlu berjabat tangan saat bertemu orang.

“Di luar hal tersebut, syarat-syarat utama touring tentu harus dipenuhi. Kendaraan harus dicek sebelum ‘tempur’ di jalanan karena sudah lama lockdown. Safety gear seperti jaket, celana panjang, helm, dan sarung tangan wajib digunakan,” pungkasnya. (Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.