Header Ads

Bawaslu Sulut Tegaskan Pengawasan Membantu KPU dalam Tiap Tahapan



Manado,Editorialsulut.com – Anggota Bawaslu Sulawesi Utara (Sulut), Kenly Poluan, mengatakan pekerjaan pengawasan Bawaslu pada dasarnya adalah membantu KPU dalam setiap tahapan pemilihan.


“Hal itu akan akan memberi dampak yang baik bagi terselenggarannya pemilhan kepalah daerah tahun 2020,” kata Poluan, di Manado.

Dia mengatakan, membantu KPU disetiap tahapan yang bergulir, caranya dengan menjalakan tugas pengawasan kita secara betul, karena Hal tersebut pastinya akan berdampak pada Pilkada 2020 yang sesuai harapan kita semua.

“Melaksanakan tugas dengan benar, berarti membantu terlaksananya semua tahapan pemilihan dengan benar,” katanya dalam rapat dalam Jaringan (Daring) Persiapan Pengawasan Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Pada Pilkada 2020, Kamis.
Kenly juga menyebutkan karena Pilkada 2020 ini beriringan dengan pandemi COVID-19, kerja pengawasan harus selalu memperhatikan prosedur kesehatan.

“Petugas kita mengawasi dengan memperhatikan protokol COVID-19, setelah itu memperingatkan para petugas coklit untuk selalu memakai APD sesuai prosedur, ini hal yang serius agar semua pihak merasa aman,” katanya.

Dia mengataka, dalam menghadapi tahapan pemutahiran data dan penyusunan daftar pemilih bawaslu harus sering berkoordinasi dengan lembaga terkait seperti Disdukcapil dan Kanwil Kemenkumham.

“Ingat kita harus sesering mungkin berkoordinasi dengan Disdukcapil terkait daftar pemilih. terus koordinasi juga dengan Kanwil Kemenkumham terkait warga negara asing yang masuk daftar pemilih sekaligus memperhatikan hak pilih para penghuni lapas,” katanya.

Selain itu Kenly juga menegaskan bahwa tahapan ini sangatlah penting karena terkait daftar pemilih.

“Daftar pemilih ini sangat sering menjadi permasalahan dalam setiap pemilihan, bahkan banyak gugatan dilayangkan karena permasalahan ini. jangan sampai ada pihak yang memanfaatkan atau memanipulasi daftar pemilih,” tegas Kenly.

Lebih lanjut kenly menghimbau agar jajaran bawaslu Kabupaten dan Kota selalu mengupdate peta kerawanan pada setiap tahapan.

“Peta rawan yang sudah kita buat harus selalu diupdate, ini penting untuk antisipasi kita menghadapi permaslahan dalam pilkada yang terjadi di masyarakat,” tutur Kenly.

Hadir juga sebagai narasumber Komisioner KPU Sulut Lanny Ointu, Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda, Anggota Bawaslu Sulut Awaluddin Umbola, dan Anggota Bawaslu Sulut Mustarin Humagi.

Peserta dalam kegiatan ini adalah ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten dan Kota se-Sulut beserta para staf Divisi Pengawasan.(Dims)

block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.