Header Ads

Jelang Pilkada 9 Desember 2020, Bawaslu Sulut Gelar Sosialisasi Produk Hukum di Bolsel.

 

Pimpinan Bawaslu Sulut Supriyadi pangellu
Pimpinan Bawaslu Sulut Supriyadi pangellu

Bolaang Uki,Editorial Sulut.com -  Bawaslu Sulawesi Utara mengadakan Sosialisasi Produk Hukum dalam rangka pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota serentak tanggal 9 Desember  dalam situasi Bencana non alam Covid-19 Bertempat di Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.Rabu  

Kegiatan ini di hadiri oleh Pimpinan Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu, SH, MH, Ketua Bawaslu Bolsel Rolis Hasan, Pimpinan Bawaslu Bolsel Monita Mokodompit dan Kifly Malonda, Koordinator Sekretariat Bawaslu Bolsel Arthur Warokah serta Peserta dari Tokoh Masyakarat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama. 


Dalam Pembukaan kegiatan, Ketua Bawaslu Bolsel Rolis Hasan dalam sambutannya mengatakan pentingnya kegiatan ini dilaksanakan karena secara kelembagaan Bawaslu dan jajaran gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait produk hukum Pilkada. 

"Saya berharap Bapak/Ibu Peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, karena sangatlah penting bagi kami melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat demi tercapainya Pilkada yang demokratis dan aman bagi seluruh masyarakat", kata Rolis Saat membuka kegiatan secara resmi.

 


Selanjutnya, Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu, SH, MH dalam paparan materi yang berjudul 'Produk Hukum Pilkada Tahun 2020' menjelaskan berdasarkan Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2020 maka Pelaksanaan Pilkada dimasa Pandemi adalah Konstitusi. Sehingga KPU dan Bawaslu sebagai Penyelenggara Pemilu telah mengeluarkan aturan - aturan turunan untuk pelaksanaan Pilkada di tengah Pandemi. 

"Kami bersama dengan Pemerintah, lewat aturan - aturan tersebut mengupayakan pelaksanaan Pilkada ditengah Pandemi ini terlaksana dengan aman bagi seluruh rakyat di Indonesia", jelas Pangellu yang telah berkiprah sejak Tahun 2012 di Pengawas Pemilu. 

Lanjut dikatakan Mantan Ketua Panwaslu Talaud Tahun 2012 kepada Peserta Sosialisasi mengatakan bahwa komitmen Bawaslu adalah untuk mewujudkan Pilkada yang sehat dengan semua proses pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses mengikuti protokol pencegahan penyebaran Covid - 19. 

"Komitmen kami Bawaslu dan jajaran adalah bersama - sama dengan masyarakat untuk mewujudkan Pilkada yang sehat serta memutus mata rantai penyebaran virus ini. Semua Proses pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa proses harus mengikuti protokol pencegahan covid - 19", kata Mantan Pimpinan Panwaslu Kota Manado.

Disisi lain, Putra Nusa Utara berharap bahwa masyarakat juga aktif dalam melakukan pengawasan bersama dengan Bawaslu pada tahapan Pilkada Tahun 2020.

"Bapak/Ibu diajak untuk bersama - sama menjadi mitra kami berpartisipasi dalam melakukan pengawasan secara bersama - sama. Sehingga, hasil dari sosialisasi yang kami laksanakan hari ini bisa tersampaikan kepada masyarakat lainnya yang berada dilingkungan masing - masing", harapnya.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.