Header Ads

Launching Relawan SDGs, Kumtua Sylvana Rotinsulu minta Masyarakat Berikan Data Otentik dan Akurat

Kumtua Sylvana P. Rotinsulu MSi, saat memberikan perlengkapan pendataan kepada relawan SDGs.(dewa/esc)


MINUT, ESc--Pokja Relawan Pemutakhiran data berbasis tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), resmi di Launching di Desa Watutumou, Kecamatan Kalawat, Rabu (14/4/2021).


Launching ini dilakukan Camat Kalawat  Alexander Warbung SIP di aula Kantor Hukum Tua Desa Watutumou dan disaksikan Disaksikan Ketua BPD Ir. sadrakh Tairas M.Si dan Sekcam Kalawat Alexander Dipan serta Sekdes Desa Watutumou Marly Manewus BSSc.


Camat Alexander Warbung SIP saat memberikan perlengakapan pendataan


Hukum Tua Desa Watutumou Sylvana P. Rotinsulu MSi, mengatakan usai di luncurkannya pokja relawan tersebut, maka poses Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun Berbasis SDGs Oleh Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa Tahun 2021, saat ini resmi berlangsung di wilayah Pemerintah Desa Watutumou.


"Jadi saat ini petugas pendataan sedang menjalankan pendataan dari rumah ke rumah untuk menyukseskan pendataan IDM berbasis SDGs,” ungkap Kumtua Rotinsulu.


Sekdes Watutumou Marly Manewus (kiri depan).


Lanjutnya, SDGs adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa Ekonomi tumbuh merata, Desa Peduli Kesehatan, desa peduli lingkungan desa peduli pendidikan,.


"Dan desa ramah perempuan desa berjenjang dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals atau SDGs," ujarnya.


Untuk itu, dia berharap untuk mensukseskan pendataan tahun 2021 ini maka atas nama pihak Pemdes kami mengharapkan kerjasama yang baik dari seluruh masyarakat Desa Watutumou.


"Agar dapat menerima Tim relawan Pendata di rumah masing-masing dan memberi data yang akurat, data yang otentik sesuai dengan Fakta yang ada demi kelancaraan Proses Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun,” harapnya.


Sementara, Camat Kalawat Alexander Warbung SIP mengatakan pemutahiran data SDGs saat ini sangat penting dilakukan. Sehingga dibutuhkan keseriusan dalam melakukan tugas tersebut.


" Di Kecamatan Kalawat ini launching yang ke 6 dari 12 desa. Karena ini memang tugas yang sangat penting, karena ini akan menyangkut pengambilan keputusan kedepan. Tugas relawan sangat mulia. Turun ke 14 jaga di Desa Watutumou dan masuk ke tiap keluarga-keluarga. Jadi lakukan pendataan secara baik dan akurat.," kuncinya.




Diketahui SDGs merupakan tujuan pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa 2021.


Dan di Desa Watutumou sendiri diketahui memiliki kurang lebih 1150 kepala keluarga dan sekitar 3500 jiwa tersebar di 14 jaga yang ada.


Sesuai dengan target pendataan ditetapkan kurang lebih dua minggu sudah harus selesai sebelum akhir bulan April ini.




DeWa








Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.