Header Ads

Pemkot Manado Himbau Warga Yang Tinggal di Pinggiran Sungai Tetap Waspada

 


Manado,editorialsulut.com - Pemerintah kota Manado, mengimbau agar seluruh warga yang tinggal di pinggiran daerah aliran sungai (DAS), dan perbukitan agar waspada dengan ancaman bencana alam. 

"Karena hujan masih terus turun dan juga ada peringatan dini dari BMKG, maka kami mengimbau masyarakat waspada, memantau kondisi dan segera mengungsi jika ada air naik," kata Wakil Wali Kota Manado, Richard H Sualang, di Manado, Minggu. 

Sualang mengatakan, memang sudah ada wilayah yang tergenang air cukup tinggi, yakni Taas lingkungan I, tetapi karena sumbatan sungai dan sudah diatasi oleh BPBD bersama dengan PUPR, sehingga seluruh air cepat turun dan jalan sudah bisa dilalui kendaraan bermotor kembali. 

Menurutnya, kondisi saat ini belum bisa dikatakan aman, karena hujan masih terus turun, dari Tomohon, maupun Minahasa Utara, sehingga kemungkinan air naik tinggi bisa terjadi. 

"Mengingat hal ini, kami mengingatkan seluruh warga Manado agar terus waspada, jangan sampai jadi korban banjir atau tanah longsor," katanya.  

Wawali menambahkan, bersama Wali Kota Andrei Angouw sudah menginstruksikan seluruh camat dan lurah untuk waspada dan memantau kondisi masyarakat, apabila itu terjadi langsung segera mengambil tindakan.

"Kami juga minta seluruh perangkat daerah terkait, terutama BPBD, camat dan lurah untuk terus memantau kondisi Manado, lingkungan sekitar dan masyarakat, supaya bisa melakukan langkah tepat mengatasi bencana alam," katanya.   

Diapun mengatakan masyarakat agar segera menelepon call center 112, untuk menginformasikan sesuatu atau meminta bantuan jika terjadi sesuatu. 

"Jangan ragu menelpon ke call center, supaya bisa segera mendapatkan pertolongan jika memang ada sesuatu yang terjadi," katanya.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.