Header Ads

Hebat...2022 Bakal di Bangun Pabrik Kelapa dan Turunannya di Minsel


MINSEL,editorialsulut.com-– Tahun 2022 Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) akan dibangun Pabrik Kelapa dan turunannya. Hal ini terkuak setelah Bupati Franky Donny Wongkar, SH, (FDW), menerima kunjungan sekaligus audiensi dengan Tim Fisibility Study Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) Republik Indonesia, di ruang rapat Bupati, Kamis (19/08/2021).


Informasi dihimpun, pembangunan Pabrik Kelapa dan turunannya tersebut merupakan program Rumah Produksi Bersama atau Factory Sharing, yang digagas Pemerintah Pusat di bawah komando Presiden Joko Widodo. 


Terkait hal tersebut, sejalan dengan Visi Daerah yaitu Maju, Berkepribadian dan Sejahtera, Bupati FDW terus membuktikan kinerjanya untuk perkembangan Minsel. Tak tanggung-tanggung anggaran Kemenkop UKM yang akan difasilitasi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan dikucurkan di Minsel tahun 2022 nanti.


Terinformasi, hanya ada Lima Provinsi yang akan menerima program Factory Sharing tersebut, yaitu Provinsi Aceh, Kalimatan Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Utara (Sulut). Hal ini membuktikan sinergitas terbangun  sangat baik antara Bupati FDW dan Gubernur Olly Dondokambey, SE., dan Wagub Drs. Steven O. E. Kandouw, serta Pemerintah Pusat.


Keseriusan akan program Factory Sharing tersebut juga ditunjukkan Pemerintah Pusat melalui Kemenkop UKM yang hari ini menggelar Focus Group  Discussion di Jakarta yang dihadiri oleh Buyer Kelapa dan pihak terkait. Hasilnya, direncanakan Bulan September 2021 akan dilakukan Detail Engineering Design (DED) oleh Kemenkop UKM, dan Sulut khusus komoditi unggulan Kelapa dan turunannya, berbeda dengan Empat Provinsi lainnya dengan keunggulan masing-masing.


Turut hadir dan mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut Kadis Koperasi UKM Dr. Drs. Meidy Maindoka, M.Si. Dipihak Tim Fisibility Study Kemenkop dan UKM diikuti Ketua Yayan Supriany, SE., M.Si., dan anggota Bambang Listianto, SE., MM., Abdul Haris Intan, SP., MM., Tantan Salamatan Sen, ST., dan Dirmansyah, SP.




Penulis: Steven Paat



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.