Header Ads

Nyaris Terbengkalai, Pemerintahan Joune-Kevin Ingin Take Over Hutan Kenangan

Pohon-pohon menjulang tinggi di Hutan Kenangan.(foto:ist)



MINUT, ESC--Surga bawah laut, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) sudah tak diragukan lagi, tetapi ternyata tidak hanya di laut, berbagai keindahan pemandangan alam nan indah tersembunyi di Hutan Kenangan.


Hutan yang meninggalkan kenangan bagi yang datang menanam pohon, juga tidak lepas dari kerukan tangan sosok pemimpin bangsa Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana saat datang berkunjung 18 Oktober 2016 silam. Dimana Presiden Jokowi menanam pohon Nantu dan ibu Iriana menanam Agathis.



Namun sangat disayangkan, hutan tersebut terancam bakal menjadi kenangan selamanya bagi yang namanya tertulis di setiap pohon yang ditanam. Pasalnya, hutan yang menjadi gerbang menuju kantor Bupati Minut tersebut terkesan memang bakal tinggal menjadi kenangan karena kelihatan terbengkalai dan kurang terurus lagi oleh instansi terkait semenjak dari pemerintahan yang lalu kemudian sudah diambil alih Provinsi Sulawesi Utara. 



Menyikapi hal tersebut, sosok pemimpin milenial yang baru dipercayakan rakyat Tanah Tumatenden, Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin Lotulung berkeinginan sekaligus bermohon Pemerintah Provinsi Sulut dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw agar mengijinkan Hutan Kenangan di take over alias ditangani dan dikelolah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minut.




"Kami akan meminta ke Pemerintah Provinsi Sulut, agar menyerahkan kewenangan pengelolaannya ke Pemkab Minut. Sehingga bisa terfokus perawatannya karena berada di wilayah Pemkab Minut, dan akan kami tata kembali menjadi objek pariwisata," kata Bupati Joune Ganda saat dihubungi media, Minggu (15/8/2021).




Menurut Bupati Joune Ganda, Pemkab Minut memang secara perlahan sudah menangani Hutan Kenangan tersebut. Mengingat jika masuk dari gerbang utama hutan kenangan dan terus menyusuri menaiki anak tangga, maka akan menuju ke rumah dinas Bupati Minut.


"Kini setelah sekian tahun, tangga hutan kenangan baru bisa tembus lagi jalannya sampai rumah dinas Bupati," tukas Joune Ganda.




Teranyar, Sabtu (14/8) kemarin, Bupati Minut Joune Ganda, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minut, Denny K. Lolong beserta atlit volley ball putri yang akan berlaga di PON Papua melaksanakan kegiatan jalan sehat di lokasi hutan kenangan.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.