Header Ads

Punya Track Rekord Cakep, LSM LAMI Dukung HL Pimpin Inspektorat Manado

Harold Lumempouw(ist)


Manado, ESc--Demi menguatkan tampuk roda pemerintahan dimasa kepemimpinannya, pasangan Walikota-Wakil Walikota Manado Andre Angouw dan Richard Sualang (AARS) mau tidak mau harus lakukan rolling besar-besaran di struktural dalam kabinet pemerintahannya.


Diketahui, usai dilantik pada 11 Mei 2021 silam, struktural kabinet pasangan milenial ini masih dihuni oleh ASN peninggalan pimpinan lama, termasuk jabatan-jabatan penting.


Dari sekian instansi pemerintah, ada beberapa dinas yang wajib dipimpin oleh orang-orang kepercayaan AARS. Sebut saja Dinas PU PR, Dinas Pendidikan, Badan Keuangan, serta Inspektorat.


"Dalam hal pembenahan stŕuktural, AARS sebaiknya menempatkan Kepala Inspektorat (Inspektur) orang kepercayaan mereka. Sebab, jika ingin merubah pemerintahan menjadi maksimal dan lebih baik, jalan pertama AARS harus mengisi kepala SKPD track rekord yang jelas dan bersih dari berbagai masalah," ujar Ketua DPD Sulut LSM Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) Indriani Montolalu SE, Senin (16/8/2021).


Dalam pantauan LAMI, salah satu instansi yang paling lemah sebagai dinas pengontrol ruang gerak lingkup pemerintahan Kota Manado selama ini adalah Inspektorat.


"Inspektorat merupakan jembatan antara Pemerintah, Kepolisian dan Kejaksaan. Kalau dinas/instansi ini bagus dan maksimal, citra Walikota dan Wawali pasti akan harum dimata masyarakat maupun dua lembaga hukum tersebut," tutur aktivis perempuan yang banyak memilih diam itu.


Akhir-akhir ini beredar informasi di kalangan aktivis anti korupsi bahwa Harold Lumempouw (HL), adalah calon kuat untuk jabatan Inspektur itu.


Kendati saat ini HL adalah pejabat di Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, ternyata banyak aktivis anti korupai mendukung ASN senior ini untuk duduki kursi inspektur di Pemkot Manado.


"Kami juga sangat mendukung Lumempouw mengingat selain tidak alergi dengan rekan-rekan dari LSM dan Wartawan, dia juga paham betul mekanisme roda pemerintahan, serta loyalitas kepada atasannya," tutur Indri.


Seperti kita ketahui bersama, Harold Lumempouw merupakan birokrat handal sekaligus sosok pegiat anti korupsi. 


Terinformasi, Sebelum menjadi birokrat,  Harold Lumempouw aktif jadi pembicara dalam seminar dan dialog persoalan korupsi dan juga menyuarakan anti korupsi. Bahkan, Lumempouw juga dikenal cukup dekat dengan Patlrtai penguasa hubungan baik dengan PDIP dan Andrei Angouw selama ini.


“Ya, dari hirarki partai, dia bukan orang asing di tubuh PDIP. Sebagai jembatan antara Pemkot, Kepolisian, Kejaksaan maupun LSM dan Wartawan, dia bukan figur baru. Harapan kami, AARS memberikan jabatan Inspektur itu ke Harold Lumempouw, agar kedepan nanti Pemkot Manado dihuni oleh orang-orang sendiri," tandas Indri. 



Tim

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.