Header Ads

Wakil walikota Jadi Irup di Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

 

Manado,editorialsulut.com - Pemerintah Kota Manado memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

Wakil Wali Kota Manado, dr Richard Sualang didaulat menjadi Inspektur Upacara.

"Mari kita mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan," ajak Sualang, disela-sela upacara.

Usai mengheningkan cipta, Inspektur Upacara membacakan teks Pancasila dan diikuti seluruh peserta upacara yang diantaranya pejabat dilingkungan pemerintah kota.

Selanjutnya, Kepala Bagian Hukum, Yanti Putri membacakan teks Undang-Undang Dasar Republik Indonesia yang didengarkan secara seksama seluruh peserta upacara.


Pembacaan ikrar oleh ketua DPRD Kota Manado Aaltje Dondokambey.

Dalam amanatnya, Sualang mengajak seluruh masyarakat Kota Manado menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup untuk membangun Kota Manado dan saling menghidupkan.

"Upacara ini merupakan pengingat bagi kita generasi yang ada sekarang tentang pentingnya jatidiri dan cara pandang kita sebagai manusia Indonesia. Jatidiri dan cara pandang tersebut yang menentukan arah kita dalam membangun dan mengolah kehidupan. Lima kearifan dalam Pancasila dikristalkan menjadi satu adalah gotongtoyong," seru Sualang.

Sambungnya, "Gotongroyong pada hakekatnya dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Gotongroyong lahir dari kesadaran bahwa kehidupan dimenangkan bukan dengan saling meniadakan, melainkan dengan saling memanusiakan. Indonesia dilahirkan dari semangat gotong royong. Mari kita perkuat cara pikir dan jati diri. Mari jadikan Pancasila sebagai pedoman hidup. Mari kita membangun Kota Manado dengan menjaga kebersihan dan membina toleransi," ajak Sualang. 

Hadir pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan Sparta Tikala diantaranya para Asisten, Kepala Dinas dan Badan, Sekretaris Dewan, Camat dan Lurah. (Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.