Header Ads

HGN, Kepsek SDN 3 Amurang Jopi Handri Mandang: Guru harus jadi Teladan

MINSEL, ESC - Hari Guru Nasional (HGN) diperingati pada tanggal 25 November setiap tahunnya. Diketahui, Hari Guru Nasional pertama kali ditetapkan pada tahun 1994. Pada saat itu, Presiden Soeharto menetapkan Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 78 Tahun 1994.

Hari Guru Nasional juga bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Kamis 25 November 2021 menandai perayaan Hari Guru Nasional ke-27 sejak resmi ditetapkan.

Tema Hari Guru Nasional tahun ini yakni 'Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan

Kepala Sekolah SD N 3 Amurang Kabupaten Minahasa Selatan Jopi Handri Mandang. S.Pd.K. M.Pd.K, mengatakan dengan Hari Guru ini kami sebagai Guru adalah sosok yang sangat penting, karena Guru merupakan sosok yang bersentuhan langsung dengan peserta didik, sehingga mempunyai  tanggung jawab yang besar dalam mencerdaskan peserta didik.

"Termasuk tanggungjawab dalam segala sikap dan tingkah laku dalam rangka membimbing peserta didik agar menjadi pribadi yang berkarakter, berpendidikan dan berguna bagi bangsa dan negara di masa mendatang,"ucap Mandang

Lanjut Mandang dalam proses pembelajaran, Guru mempunyai tugas dan peranan yang sangat kompleks, terutama dalam pendidikan formal, akan tetapi pemerintah juga perlu meningkatkan sumber daya manusia Guru.

Guru merupakan sosok teladan bagi peserta didiknya dan merupakan sosok ujung tombak yang memegang nasib generasi penerus bangsa dimasa yang akan datang.

Semoga dengan Hari Guru Nasional ini yang bertepatan juga dengan Ulang Tahun PGRI, pendidikan di Indonesia bisa terus maju untuk kedepannya, agar di masa mendatang negara ini bisa dipegang oleh tangan-tangan yang berkeilmuan dan berkarakter sebagai penerus bangsa Indonesia.



Penulis: Steven Paat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.