Header Ads

Wakil Walikota Hadiri Peringatan Hari Pahlawan dan Festival Seni Budaya Bantik

 

Manado,editorialsulut.com - Semangat Perjuangan Robert Wolter Mongisidi gambaran NKRI sesungguhnya 

"Semangat dan perjuangan Robert Wolter Mongisidi, adalah gambaran NKRI yang sesungguhnya, dan aktualisasi budaya Bantik".


 Pernyataan Wakil Wali Kota Manado, dr. Richard HM Sualang itu, memantik dan membakar semangat para generasi muda Bantik, yang berkumpul di lapangan Bantik Malalayang, yang merayakan hari pahlawan sekaligus peringatan pemakaman pahlawan nasional asal Sulawesi Utara yang merupakan Putra Suku Bantik, Robert "Bote" Wolter Mongisidi, Rabu sore.     

Sualang mengatakan, sebagai anak muda asal Sulawesi Utara, Bote justru mengajar di Makassar, Sulawesi Selatan, jauh dari tanah kelahirannya. 

Namun katanya, justru di sana, Bote muda, bukan hanya menjadi pengajar namun berjuang bersama, melawan agresi penjajah untuk memperjuangkan kemerderkaan Indonesia, sampai menghembuskan nafas terakhirnya. 

Semangat juang Bote dan apa yang dilakukannya itu, itulah gambaran nyata NKRI, Bhinneka Tunggal Ika yang menjiwai persatuan Indonesia, dan harus menjadi milik semua generasi muda sekarang, terutama Sulawesi Utara dan Kota Manado. 


"Semangat pahlawan nasional ini harus dihayati dan mengilhami anak muda sekarang, maka yang ada sekarang, jangan sekali-kali melupakan sejarah," katanya. 

Tanggal 10 November, kata Sualang, bukan hanya kebetulan saja menjadi tanggal peringatan hari Pahlawan, namun menjadi tanggal bersejarah bagi seluruh Sulawesi Utara, khususnya para anak suku Bantik, karena menjadi saat dimana Bote juga dimakamkan. 

Ketua panitia Erick Mongisidi

Apalagi saat itu juga menjadi saat bagi 11 anak suku tersebut merayakan festival budaya secara besar-besaran, sehingga mereka semua yang tersebar di daratan Sulawesi terkumpul di lapangan Bantik Malalayang. 

Sualang mengajak seluruh putra Bantik yang berasal dari 11 anak suku tersebut, untuk memberikan yang terbaik dalam karya mereka. 

"Yang menjadi TNI, Polisi, pekerja swasta, pengusaha sampai ASN, jadilah yang terbaik, cetak prestasi gemilang untuk kemajuan bangsa," katanya.  

Sualang mengajak seluruh generasi muda Bantik untuk menjaga semangat yang dimiliki Bote, yang membuat seluruh Indonesia menghormatinya sehingga mengabadikan namanya sebagai nama jalan, Bandar Udara, kapal perang, yang membanggakan semua.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.