Header Ads

Tim Maleo Dibubarkan. Begini Nasib Resmob Mata Merah Talaud

Kasat reskrim IPTU I Gusti made andre S.Tr.K

TALAUD, ESC--Beginilah penjelasan Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno melalui Kabid Humas Kombes Pol Jules Abraham Abast, soal personel Tim Khusus (Timsus) Maleo Polda Sulut yang ditarik kembali ke kesatuan masing-masing.


“Untuk Tim-tim Khusus (Timsus) termasuk Timsus Maleo Polda Sulut, bahwa mulai tanggal 17 Januari 2022, Timsus Maleo Polda Sulut telah dibubarkan, dan para personelnya dikembalikan ke Satuan Kerja (Satker) maupun Satuan Kewilayahan (Satwil) masing-masing,” ujarnya, Selasa (18/1/2022) siang, di Mapolda Sulut.


Menindaklanjuti hasil anev tersebut, sambung Abast, maka Kapolda Sulut menerbitkan Surat Telegram pada tanggal 17 Januari 2022, yang menegaskan secara resmi telah membubarkan Timsus Maleo Polda Sulut dan mengembalikan para personelnya ke Satker dan Satwil masing-masing, berlaku sejak Surat Telegram ini diterbitkan.


“Dan tentunya Polda Sulut akan melakukan upaya-upaya mengoptimalkan fungsi-fungsi kepolisian yang ada. Seperti fungsi preemtif yang diemban Direktorat Binmas, kemudian fungsi preventif oleh Sabhara, dan juga fungsi represif yang diemban Reserse, " tambah Abast.


Sementara itu, dengan adanya pembubaran tim khusus Mlaeo menjadi perbincangan di tengah masyarakat termasuk di Talaud.


Pasalnya, di  Bumi Porodisa  dikenal memiliki satu tim khusus di Polres Kepulauan Talaud bernama mata merah. 


"Berarti timsus mata merah di Polres Talaud so dibubarkan lei kang ?. Napa torang da baca berita timsus timsus so disebubar oleh Pak Kapolda Sulut," ucap Agus salah seorang warga.


Terkait hal tersebut, saat di konfirmasi, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Dasveri Abdi, S.I.K melalui Kasat Reskrim IPTU I Gusti Made Andre, S.Tr.K  mengatakan selama ini tidak ada timsus di Polres Kepulauan Talaud. 


"Tak ada timsus di Polres Kepulauan Talaud. Tim yang ada di Polres Kepulauan Talaud adalah Tim Resmob Mata Merah yang berisikan anggota sat reskrim. Kalau timsus, anggotanya diambil dari berbagai fungsi seperti sabhara, reskrim, intel dan lain lain. Sedangkan untuk Tim Resmob Mata Merah sendiri hanya berisikan anggota definitif dari Sat reskrim, istilah penyebutan mata merah tersebut agar lebih mudah diketahui oleh masyarakat" jelas Kasat Reskrim di ruang kerjanya, Rabu (19/1/2022) kepada editorialsulut.com.


Penjelasan Kasat Reskrim ini tentunya telah menjawab keingintahuan dan pertanyaan dari masyarakat terkait adakah pembubaran timsus di Talaud dan seperti apa timsus itu.



Penulis: Ita


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.