Header Ads

Desa Molinow Diresmikan Sebagai Desa Wisata

Pengguntingan pita tanda diresmikannya desa Molinow sebagai desa Wisata.(ist)


Minsel, ESC - Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH., diwakili oleh Wakil Bupati Pdt Petra Yanny Rembang M.th., meresmikan Desa Molinow sebagai Desa Wisata Dalam Pencanangan Desa Molinow Sebagai Desa Wisata Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2022 dan objek Wisata Tanjung Molinow. Jumat, (08/04/2022)


Dalam sambutannya, Wabup Petra Rembang mengatakan pemerintah menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada panitia pelaksana, dalam hal ini dinas pariwisata, dan juga pemerintah desa bersama masyarakat atas antusiasnya mensukseskan kegiatan ini.


Dijelaskan Wabup, pariwisata adalah salah satu industri yang dapat mengembangkan perekonomian di indonesia, 


"Salah satu yang menarik dalam pengembangan pariwisata yang perlu dikembangkan juga budaya dan kearifan lokal sehingga dirinya mengajak seluruh pihak untuk terus belajar kreatif dan inofatif meskipun saat ini kita semua masih menghadapi situasi pandemi Covid-19," ujarnya .


Lebih lanjut diungkapkan Wabup, dengan adanya desa wisata molinow ini diharapkan mampu menggerakkan roda perekonomian dari segi pariwisata. Tempat wisata ini juga harus dijaga dengan baik agar menjadi target kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.


"Saya mengajak kita semua menjadi teladan dalam mewujudkan toleransi di minahasa selatan dengan saling mendukung dan saling menghargai." ujarnya lagi.


Menutup sambutannya, wakil bupati meminta seluruh masyarakat untuk antusias dalam melakukan vaksinasi lengkap karena saat ini masih menghadapi pandemi Covid-19.


Sebelumnya sambutan Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Minahasa Selatan Efert Kawalo mengungkapkan desa molinow memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dengan desa wisata lainnya, aksebilitas desa ini mudah dijangkau dengan transportasi darat, juga yang menarik di desa ini antara lain ada tiga homestay, kolam renang dan prahu wisata.


"Wisatawan yang datang mengunjungi desa molinow bisa melakukan wisata berenang memancing ikan dan menyaksikan secara langsung kegiatan pertanian para petani kelapa dan petani sawah yang melakukan aktifitas menanm," kata Kawalo.


Lanjut Kawalo, Ia berharap akan ada kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat untuk terus berkolaborasi menata kwalitas destinasi wisata menjadi aman, sejuk, bersih indah dan masyarakat yang ramah.


"Jadi, Sapta pesona ini harus dijaga, sebagaimana visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati yaitu minahasa selatan maju, berkepribadian dan sejahtera. Kami juga berharap desa ini menjadi contoh untuk desa yang lain untuk mengembangkan pariwisata di minahasa selatan," tandasnya.


Camat Tenga Petrus Ulaan mengucapkan terima kasih dan kegiatan ini patut disyukuri karena desa molinow bisa diresmikan untuk menjadi desa wisata di kabupaten minahasa selatan, juga berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata RI. Semoga desa ini akan mendapat perhatian dan bantuan untuk terus mengembangkan pariwisatanya," pungkasnya.


Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan SK Desa Wisata, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti oleh Wabup dengan didampingi para tamu undangan, dan diakhiri dengan penabuhan tetengkoren sebagai tanda ditetapkannya desa molinow sebagai desa wisata.


Turut hadir Franky Hitipiew SUB Koordinator Perencanaan Kementerian Pariwisata, Franky Lengkey Anggota DPRD Kabupaten Minahasa Selatan, Kepala Perangkat Daerah Minsel, Mody Selang Hukum Tua Desa Molinow, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan serta masyarakat.



Penulis: Steven Paat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.