Header Ads

Kadis LH Manado Kami Masih Memanfaatkan Sisa Lahan Sambil Menunggu TPA Mamitarang Selesai

 

Manado,editorialsulut.com - Dinas Kebersihan dan Lingkungan (DLH) Manado, masih akan memaksimalkan pembuangan sampah di TPA Sumompo, karena luasan wilayah sekitar dua hektar masih bisa di manfaatkan.

"Kami masih memaksimalkan pembuangan di TPA Sumompo, karena memang saat ini, masih menunggu penyelesaian TPA Regional mamitarang Ilo Ilo," kata Kepala DLH Manado, Franky Porawouw, SH, di Manado. 

Dia menjelaskan, saat ini pembuangan tetap berjalan normal, dengan sistem yang sudah diatur, sehingga tidak ada penumpukan sampah di lokasi penampungan sementara. 

Mengenai penyelesaian TPA Mamitarang, dia mengatakan, itu adalah kewenangan Pemprov Sulawesi Utara, sehingga pihaknya hanya menunggu penyelesainnya. 

"Tapi yang kami tahu, sekarang pekerjaannya sementara dikebut untuk diselesaikan, sehingga bisa digunakan untuk menampung dan memproses sampah-sampah dari beberapa kabupaten dan kota yang berdekatan di area itu, termasuk Manado," katanya. 

Mengenai lokasi TPA Sumompo, Porawouw mengatakan, tetap diperlakukan sesuai dengan ketentuan, sehingga aktivitas tetap berjalan normal di tempat itu, termasuk pengelolaan sampah di wilayah tersebut. 

Namun Porawouw mengatakan, jika nanti TPA Mamitarang Ilo Ilo selesai, dan mulai difungsikan, maka otomatis TPA Sumompo juga akan beralih, untuk mengembalikan kondisinya menjadi baik. 

"Jika TPA Mamitarang mulai difungsikan, maka TPA Sumompo akan beralih fungsi sebagai ruang terbuka hijau, sesuai dengan ketentuan," katanya. 

Dengan demikian menurut Porawouw, maka fungsi lokasi tersebut diharapkan bisa kembali, menjadi penyedia oksigen untuk sekitarnya.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.