Header Ads

Kasus Bunuh Diri Kembali Terjadi Di Talaud, Lukmanto Tewas Akibat Minum Racun Hama


Talaud, ESc--Peristiwa bunuh diri akibat minum racun hama penggerek batang tanaman merk "Spontan" kembali terjadi di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Seorang pemuda  berinisial LT Alias Lukmanto (19) yang kesehariannya berprofesi  sebagai Petani nekat menenggak insektisida.

Korban meregang nyawa di rumah Keluarga Tilong - Panahal di Desa Ensem Timur Kecamatan Essang Selatan, Minggu ( 29/5/2022) Jam 02:49 Wita .

Kapolsek Essang Ipda Kris Laruanaung menjelaskan bahwa dari keterangan  Saksi Martin Tilong  (67)  yang merupakan Ayah dari korban bahwa pada saat dirinya sedang tidur, tiba-tiba terbangun karena korban membunyikan motornya. 

"Saksi kemudian langsung menegur korban dan menyuruhnya masuk ke kamarnya untuk tidur dan korban pun langsung masuk ke kamarnya, setelah beberapa menit kemudian saksi mendengar ada suara bunyi berupa botol,"ujar Ipda Kris mengutip keterangan saksi.

Lanjutnya, ketika mendengar bunyi berupa botol yang dibuka, saksi  langsung membuka pintu kamar korban dan mendapati putranya sudah dalam keadaan gelisah dan merasa kesakitan sambil memegang perut dan dada nya kemudian muntah-muntah. 

"Saksi melihat 1 botol racun hama kelapa (Spontan) sudah habis di minum oleh korban yang berada di bawah lemari pakaian. Kemudian saksi berupaya melakukan pertolongan pertama kepada korban, namun korban sudah tidak tertolong lagi atau meninggal dunia," terangnya.

Pihak Kepolisian yang mendapat Laporan masyarakat langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara, kemudian melakukan  olah TKP serta mencari dan mengamankan Barang Bukti dan  Meminta keterangan saksi serta membuat VER Mayat serta Permintaan autopsi.

Tak lupa pula Kapolsek Essang dan jajaran  mengucapkan turut berduka cita atas musibah yang dialami kepada keluarga. "Diharapkan semoga orang  tua saudara  kandung yang ditinggalkan diberi kekuatan dan penghiburan yang sejati dari TYME, serta Almarhum diberi jalan untuk menuju kesorga yang kekal," pungkas Kapolsek Essang.

Diketahui, SPONTAN 400SL adalah insektisida racun kontak dan lambung berbentuk pekatan yang dapat diemulsikan bewarna kuning jernih untuk mengendalikan hama penggerek batang (Tryporyza incertulas), wereng coklat (Nilaparvata lugens), hama putih (Nymphula depunctalis), lalat daun (Hydrellia philipina), hama putih palsu (Cnaphalocrosis medinalis) pada tanaman padi. Lalat bibit (Ophiomya phaseoli) dan penggulung daun (Lamprosema indicata) pada tanaman kedelai. Lalat pengorok daun (Liriomyza huidobrensis) pada tanaman kentang dan belalang (Locusta migratoria) pada tanaman jagung serta Sexava nubila pada tanaman kelapa.




Penulis: Onal

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.