Header Ads

Membumikan Kolintang, Ketua PINKAN Sulut Joune Ganda Perlebar Sayap Pengurus dan Gencar Sosialisasi

 



MINUT, ESC--Ketua DPD PINKAN Sulawesi Utara yang juga sebagai Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE menghadiri penyerahan Piala Lomba Kolintang dan Pertemuan dengan Ketua Umum DPD PINKAN Ibu Penny Iriana Marsetio S.Sos, di Raewaya Hills, Kamis 30 Juni 2022.



Hadir dalam kegiatan ini sejumlah pengurus DPD PINKAN Sulawesi Utara, Kadis Pariwisata Minahasa Utara dan para pemenang Lomba Kolintang baru-baru ini.


Sebelum penyerahan hasil Lomba Kolintang, Bupati Joune dalam laporannya mengatakan DPD PINKAN Sulawesi Utara, sementara giat-giatnya memperkenalkan dan mensosialisasikan Kolintang kepada masyarakat.



Khususnya di Kabupaten Minahasa Utara, Kolintang selalu tampil terdepan disetiap kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

"Disetiap lomba dan kegiatan yang kami selenggarakan di Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara selalu tampilkan kolintang sebagai alat musik untuk mengiringi. Termasuk kegiatan-kegiatan besar dihari ulang tahun Kabupaten Minahasa Utara, HUT RI selaku menampilkan Kolintang," kata Joune. 



Hal ini mungkin aktivitas Kolintang yang paling sering dilakukan sejak di dirinya dan wakil bupati di kabupaten Minahasa Utara. 


Sementara untuk kegiatan yang diluar Minahasa Utara yakni di 7 Kabupaten/kota lainnya kini sementara di persiapkan pembentukan pengurus-pengurus.




"Aras suku Minahasa khususnya yang menjadi asal dari Kolintang kita sedang merancang untuk bisa membentuk DPC-DPC dari masing-masing kabupaten, target kami yang ada di Minahasa Utara, Kota Bitung, Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan dan minahasa tenggara kami berharap bisa terbentuk," ujarnya.



Meski lanjutnya tidak menutup kemungkinan bisa ekspand ke kabupaten lain yang juga banyak orang minahasa yang tinggal seperti Sitaro, Talaud, Sanger dan Bolmong.


"Kita berharap bisa membumikan Kolintang dan makin memperluas Kolintang di Sulawesi Utara," tuturnya 


Di Minahasa Utara sendiri jelasnya, sudah dimulai dari Dinas Pariwisata dengan mengedukasi sampai ke sekolah-sekolah.



"Jadi ada ekstra kurikuler untuk bisa mereka belajar Kolintang. Kita juga sosialisasikan untuk mengantisipasi kedatangan tim UNISCO di Minahasa Utara sendiri kami sementara melakukan gerakan betul-betul mensosialisasikan hingga ke desa-desa, dan untuk desa-desa yang sudah memiliki sanggar kolintang kami aktivkan dan di Tim PKK sekarang kami galakan untuk berpartisipasi hingga ke desa-desa," jelasnya.


"Saya akan juga akan menyampaikan ke kepala-kepala daerah di Sulawesi Utara, kami berharap Kolintang yang berasal dari Sulawesi Utara minimal di kami ini benar-benar buming. Sementara untuk lomba-lomba yang paling sering kami lakukan diikuti oleh sanggar-sanggar terbaru perlombaan saat Pekan Rakyat Minahasa Utara," tutupnya.(*)


 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.