Header Ads

Polda Sulut Gandeng PT MSM/TTN Sebar 10 Ribu Bibit Mangrove Hijaukan Pesisir Minut

Presiden Direktur PT MSM/TTN Bpk Juanda (atas) dan Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno secara simbolis menyerahkan bibit mangrove bkepada sejumlah pihak.(foto:dewa/esc)


MINUT, ESC – Pencanangan dan penanaman simbolis bibit mangrove di Kawasan pantai Hotel Kasabayo, di Desa Maen, Kecamatan Likupang Timur tepatnya pantai Tamba Kamis (23/6/22) dilakukan pihak Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno didampingi Kapolres Minut AKBP Bambang Yudi Wibowo, Sekda Rivino Dondokambey, mewakili Presiden Direktur PT Polda Sulut dan PT Meares Soputan Mining (MSM) dan PT Tambang Tondano Nusajaya (TTN) bapak Juanda. 

Kurang lebih ada 10.000 Mangrove disiapkan untuk disebar dikawasan itu.

Kegiatan itu juga dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-76, HUT Bayangkari ke 70 dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Kapolda Sulut Irjen Pol Mulyatno, mengatakan pencanangan penanaman 10.000 bibit mangrove adalah langkah kecil untuk menyelamatkan bumi dari kerusakan.

"Ini merupakan langkah kecil, tapi kita sementara menuju ke langkah lebih besar untuk menyelamatkan bumi," katanya.


Ribuan bibit mangrove ditanam menjadi langkah awal lindungi kelestarian lingkungan.

"Kami akan menanam 10 ribu, jadi tidak hanya menanam tapi bisa menghasilkan 'buah' yang bisa menjaga lingkungan hidup sekitar," katanya lagi.

Selain itu, aksi ini bentuk dan upaya dalam rangka menjadi penangkal bencana yang mungkin bisa saja terjadi.

"Sangat penting bagi kelangsungan hidup biota laut, dapat mencegah terjadinya abrasi bahkan bencana lain yang di timbulkan oleh laut. Kelak jika sudah menjadi hutan mangrove bisa menjadi habitat berbagai hewan dan burung," ujarnya.

Senada Perwakilan Persdir PT MSM/TTN Pak Juanda berharap penanaman 10 ribu mangrove membawa dampak positif bagi kelangsungan ekosistem lainnya termasuk manusia disekitar.

“Saya sependapat dengan yang dikatakan Kapolda Irjen Pol Mulyatno, selain berguna untuk kelangsungan hidup biota laut, juga sangat membantu mengatasi abrasi maupun bencana lain yang datang dari laut. Untuk itu, PT MSM/TTN juga ikut fokus menjaga dan merawat keberadaan mangrove. Penanaman ini juga dilakukan dibeberapa titik yang ada di Kecamatan Likupang Timur,” terang Juanda.

Sebelumnya Sekda Minahasa Utara Revino Dondokambey selaku Pemerintah Daerah mewakili Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Jouen Ganda-Kevin Wiliam Lotulong (JG-KWL) mengapresiasi pencanangan penanaman 10 ribu Mangrove ini. 

“Saya berharap ini dibudayakan terus. Termasuk peran masyarakat dalam menjaga serta melestarikan hutan mangrove karena hal ini dapat mendorong program yang telah dicanangkan oleh Polri,” kata dia.

Hadir dalam kegiatan perwakilan Dandim 1310, perwakilan Kejari Minut, para Kumtua, Manager Hotel Casabaiao, Polres Minut, dan pencinta lingkungan, serta ibu-ibu Bhayangkari, petinggi dan pegawai PT MSM/TTN.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.