Header Ads

Pencanangan Desa Cantik, Joune Ganda: Intervensi pembangunan bisa cepat dan tepat

CEKATAN. Aksi Bupati Joune Ganda mempraktekan cara meletakkan jajanan ringan Kue Halua Gula merah untuk didinginkan.(dewa/esc)


MINUT, ESC--Pencanangan Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik, di Desa Kauditan Satu, Kecamatan Kauditan, Minahasa Utara, dilakukan oleh Bupati Minahasa Utara, Rabu 13 Juli 2022.


Disaksikan langsung oleh Perwakilan Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Utara, BPS Minahasa Utara, Pemerintah Desa Kauditan I dan Para pejabat Teras Minahasa Utara.



Desa Cantik merupakan Program percepatan Penguatan Statistik Sektoral secara Nasional yang dilaksanakan pada tingkat Pemerintahan terkecil dan sekaligus sebagai salah satu implementasi Program Satu Data Indonesia.


"Desa sebagai ujung tombak pembangunan, dan menunjang kesejahteraan masyarakat. Sehingga juga tujuan dari pengembangan desa cantik ini adalah untuk meningkatkan literasi statistik pemerintah desa dalam rangka pelaksanaan pembangunan yang lebih baik melalui pembinaan data statistik," ujar Kepala BPS Minahasa Utara Calos E. Siburian SST MSi.



Dijelaskannya, Kauditan I ialah salah satu desa yang terpilih dari program ini.


"Tahun 2022 Desa Kauditan I salah satu desa dari 15 desa yang terpilih sebagai target pembinaan desa cantik tahun 2022," katanya.



Di tempat yang sama, Bupati Minahasa Utara Joune J.E ganda SE MAP mengakui pengembangan statistik khususnya di desa sangatlah bermanfaat.


"Sangat besar manfaatnya karena kita bisa melakukan pemetaan potensi dan apa saja yang ada di desa termasuk langkah apa saja yang akan kita lakukan dari data statistik," tutur Joune.



Selain itu, dengan bantuan statistik, aparat desa akan lebih fokus dan tepat sasaran dalam menjalankan program.


"Jika kita memiliki data yang akurat kita bisa melakukan tindakan yang tepat dan cepat. Misalnya soal sturuktur demografi Masyarakat. Jika ini jika bisa dilaksanakan di seluruh desa dan kelurahan, terutama desa-desa yang sudah maju dan mapan atau desa desa tertinggal maka kita bisa ketahui karakteristik dari desa tersebut apa yang bisa kita bangun dan intervensi. Agar pemerintah bisa tepat dan cepat mengambil intervensi pembagunan dan sosial yang lebih tepat sasaran," ungkapnya.



Bupati Joune usai melakukan pencanangan, sempat mencicipi hasil buah tangan dari masayarakat Desa Kauditan I. Diantaranya, jajanan khas Halua Gula Merah, Pala Manis juga ikan Cakalang Fufu.




Hadir pula dalam kegiatan ini Kajari Minut, Wakapolres Minut, mewakili Ketua Pengadilan Airmadidi, Sekda Revino Dondokambey dan Jajaran Pemkab Minahasa Utara.(Advetorial)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.