Header Ads

Raih Predikat Cumlaude, Joune Ganda kini Sandang Gelar MAP


Tondano, ESc--Raihan prestasi membanggakan kembali ditorehkan Bupati Minahasa Utara Joune James Esau Ganda SE.


Usai menjalani masa perkulihan selama 1 tahun, Joune Ganda kini diperhadapkan dengan ujian akhir.


Dalam Ujian Komprehensif Program Magister Administrasi Negara Pasca Sarjana Universitas Negeri Manado di Tondano, Selasa 5 Juni 2022 Bupati Joune dinyatakan lulus dengan nilai 3,90 dan meraih predikat cumlaude dari 5 dosen penguji dan 2 Dosen pembimbing.



Dalam ujian Komprehensif magister (S2) itu, 5 Dosen penguji diberi kesempatan untuk memberikan pertanyaan terkait tesis yang berjudul "Pengaruh Pemberdayaan Masyarakat Bermediasi Dukungan Masyarakat Terhadap Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Destinasi Super Prioritas Likupang Di Kabupaten Minahasa Utara" yang dibawa oleh Bupati Joune.


Penuh Percaya diri Bupati Joune 'melahap' semua pertanyaan yang disampaikan Dosen penguji.


Semisal soal pertanyaan yang disampaikan oleh Dosen Penguji Prof Dr Lexy Lumimgkewas MS terkait hasil dan dampak dari penelitian Tesis yang disampaikan.



Menjawab pertanyaan ini, Bupati Joune menjelaskan, dari hasil penelitian yang dipusatkan di Daerah Super Prioritas (DSP) Likupang Bupati Joune menjelaskan adanya hasil yang menarik dilapangan. Salah satunya soal dampak dari pengembangan intervensi terhadap perkembangan pariwisata di daerah Likupang khususnya di 3 daerah (Kinumang, Pulisan, Marinsou) didapati ternyata ketiganya memiliki hasil yang berbeda.


"Mereka sudah mendapatkan pembangunan infrastruktur jalan diperlebar dan telekominikasi dan pembangunan yang dilakukan oleh PUPR. Ternyata dari 3 desa hanya 2 desa yang menganggap intervensi pembangunan itu memiliki dampak positif bagi masyarakat tapi disatu desa melihat hal itu sebagai triger atau memberi efek untuk pariwisata berkelanjutan," jelasnya.

Sehingga kata dia, hasil penilitian ini ada beberapa catatan ada tema-tema penelitian atau topik-topik lanjutan yang bisa ambil menguji dan memecahkan persoalan-persoalan yang ada di desa yang memiliki hasil penelitian yang berbeda dari tesis ini.


"Seperti perlu diteliti sosialisasi manfaat pariwisata terhadap masa depan mereka sehingga di desa yang mayoritasnya nelayan mereka lebih memilih menjadi nelayan dari pada menjadi aspek dari pariwisata," jelasnya.

Mendapat hasil tersebut, Bupati Joune merasa bersyukur berkat dukungan istri bisa menyelesaikan studi jejang strata magister (S2) dengan perolehan hasil yang sangat memuaskan.


“Hasil yang diraih ini tak lepas dari dukungan istri yang luar biasa. Terima kasih juga atas dukungan kepada kami,” jelasnya.



Dengan hasil ujian ini, Ganda Joune Ganda dinyatakan Lulus dan berhak untuk menyandang gelar Magister Analisis Publik (MAP).


Hadir dalam sidang ujian magister (S2) ini pejabat teras Minahasa Utara, Dosen dan penguji Universitas Negeri Manado di Tondano, dan para sfaf dan tamu undangan.(*)











Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.