Header Ads

Operasi Sebulan, BBPOM Sita Ribuan Kosmetik Ilegal

 



Manado Editorialsulut.com - Ribuan kosmetik ilegal disita BBPOM Manado, saat melakukan intensifikasi mulai 1 sampai 31 Juli 2022 di wilayah kewenangan lembaga pengawas obat dan makanan tersebut. 


Kosmetik ilegal itu, berjumlah 647 item, dalam 3.824 pieces  yang terbagi atas 371 item dalam negeri dalam 2.193 kemasan dan 266 item produk import dalam 1.548 buah.

 "Barang ilegal itu bernilai Rp.102.812.000, meskipun ada yang bernilai kecil," kata Kepala BBPOM Manado, Dra. Hariani, Apt, dalam konferensi pers di Kantor BBPOM Manado, di Bilangan Pineleng Manado, Selasa sore. 


Dia mengatakan, semua produk ilegal itu, merupakan hasil operasi dari Manado dan Bitung,  tanpa mengabaikan wilayah kewenangan BBPOM Manado yang lainnya. 

"Semua barang yang kami sita itu ada yang mengandung bahan berbahaya, sudah kedaluwarsa atau expired dan tanpa izin edar," kata Hariani. 

Pejabat yang dikenal low profile dan dekat dengan para pekerja media itu, mengimbau masyarakat agar ketika menemukan, satu atau  dua barang ilegal, harus melapor ke BBPOM. 

"Minimal jika menemukan  yang tidak punya barkot atau batas waktu penggunaan jangan dibeli supaya tidak membahayakan diri sendiri," katanya. 

Bahkan dia mengingatkan kalau menemukan kosmetik yang klaimnya berlebihan, harus diwaspadai, karena sudah dipastikan itu adalah ilegal sebab mengandung bahan berbahaya. (Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.