Header Ads

Hut ke 190 Desa Lelama, Bupati Franky: Banyak potensi yang bisa digali



MINSEL, ESC - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar (FDW) bersama Wakil Bupati (Wabub) Petra Yani Rembang (PYR) hadiri syukuran hari Ulang Tahun Desa Lelema ke-190 Tahun yang digelar di Lapangan Papengkoran Desa Lelema, Senin (01/08/2022).


Acara yang dibuka pertama dengan Ibadah oleh Wabub Petra Yani Rembang, kemudian sambutan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Dalam hal ini Bupati Minsel dan dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan


Bupati FDW, sangat mengapresiasi persatuan dan kerukunan dari masyarakat yang ada di Desa Lelema, Kecamatan Tumpaan, Kabupaten Minahasa Selatan. 


“Tadi telah dibacakan sejarah Desa Lelema, perjalanannya cukup panjang dan dari sejarah desa ternyata mengalami berbagai pergumulan kerakyatan, ada banyak musibah yang dialami masyarakat Lelema tapi masyarakat hingga saat ini tetap ada dan tetap bersatu,” pungkas FDW dengan rasa bangga.


Apalagi diketahui, Desa Lelema pada tahun 2021 merupakan desa lunas pajak 100 % dan juga merupakan salah satu dari 2 desa di Minsel yang menjadi desa mandiri. Lelema juga memiliki 7 denominasi golongan gereja dengan tetap memelihara kerukunan dan budaya mapalus yang kuat. Sehingga dengan adanya prestasi-prestasi tersebut, Bupati berharap kedepannya Desa Lelema akan semakin maju dan berkembang.


“Ada banyak potensi di Desa Lelema ini yang perlu digali, dibicarakan bersama, dirumuskan dan dijadikan sumber pendapatan bagi Desa Lelema. Ini semua bisa terjadi dan dilakukan jikalau antara pemerintah dan masyarakat boleh bekerja bersama dan saling menguatkan,” ucap Bupati FDW.


Bupati Franky juga berpesan agar pemerintah setempat dapat berinovasi membagun desa dengan melakukan perubahan-perubahan yang berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada.


“Juga pemerintah Desa Lelema dimintakan untuk ada inovasi-inovasi yang dilakukan. Paling tidak, pejabat Hukum Tua ada inovasi yang bebeda dari para Hukum Tua yang sebelum-sebelumnya, agar supaya ada perkembangan yang terjadi di desa ini,” pesan Bupati.


Lebih lanjut disampaikan Bupati, peran dari masyarakat dan pemerintah Desa Lelema telah membantu Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dalam mengelola pemerintahan yang ada. Sehingga Bupati berharap, hal positif seperti ini bisa terus dipertahankan dan dipelihara.


“Desa Lelema juga hingga saat ini dikategorikan aman dan kehidupan kerukunannya sangat baik, sehingga kami berharap ini selalu dijaga, dipelihara dan ditingkatkan. Banyak selamat bagi masyarakat dan pemerintah Desa Lelema, maju terus dan jayalah Desa Lelema,” pekik Bupati mengakhiri sambutannya.


Turut hadir dalam ibadah syukur ini Kepala Inspektorat Minsel Hendra Pandeynuwu dan jajaran, Kakanwil Kemenag Minsel Archi Egeten, Anggota DPRD Minsel Andries Rumondor, Forkopimka Kecamatan Tumpaan, Pemerintah Desa Setempat, Tokoh-tokoh Agama dan masyarakat dan Ketua Umum Panitia HUT Desa Lelema Eldo Wongkar.



Penulis: Steven Paat



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.