Header Ads

Ditangan Bupati Franky, Minsel Sabet 3 Penghargaan Proklim Tingkat Nasional


MINSEL, ESC - Dibawah kepemimpinan Bupati Franky Donny Wongkar SH, dan Wakil Bupati Petra Yanni Rembang MTh, kembali mengukir prestasi ditingkat nasional dengan meraih Penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten/kota yang berhasil mengelola program kampung iklim, penyerahan tersebut digelar di Gedung Manggala Wanabakti Senayan Jakarta, Jumat (28/10/2022).


Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri lingkungan hidup dan kehutanan Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar MSc, dan diterima oleh Bupati Franky Donny Wongkar SH yang didampingi oleh Plt Ketua DPRD Minsel Stefanus Lumowa SE, Kepala DLH Minsel Roi Sumangkut ST. MT, Kabid Christo Lumowa.


Adapun prestasi yang diraih oleh Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) adalah dibidang lingkungan hidup terkait program kampung iklim, ini merupakan satu keberhasilan Pemerintah kabupaten Minsel dalam mengelola program kampung iklim (Proklim), maka pemerintah pusat melalui kementerian lingkungan hidup dan kehutanan (Kementerian LHK) memberikan penghargaan kepada Kabupaten Minahasa Selatan.


Hal yang lebih membanggakan lagi, bahwa Kabupaten Minsel merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Utara yang menerima penghargaan Proklim.


Program Kampung Iklim (ProKlim) merupakan program berlingkup nasional dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta penurunan emisi gas rumah kaca.


Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, dimana di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim.



Dalam peraturan menteri tersebut juga disinggung bahwa ProKlim dapat dikembangkan dan dilaksanakan pada wilayah administratif paling rendah setingkat RW atau dusun dan paling tinggi setingkat kelurahan atau desa.


Atas pemberian penghargaan ini Bupati Franky Donny Wongkar sangat mengapresiasi dengan bangga, karna ini adalah hal yang luar biasa, "Kabupaten Minahasa Selatan kali ini berhasil memperoleh penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut ini merupakan satu kebanggan tersendiri,” Imbuh Bupati Franky.


Lanjut Bupati Franky Donny Wongkar mengajak kepada masyarakat dan jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa selatan untuk terus berupaya menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan, untuk menjaga dan melestarikannya, Pungkas Bupati Franky.


Untuk itu Bupati FDW mengarahkan jajaran DLH Minsel untuk mencarikan solusi terhadap persoalan ini yang salah satu solusinya yakni melalui Program Kampung Iklim.


Dalam acara penyerahan penghargaan tersebut, Kabupaten Minahasa Selatan berhasil meraih tiga (3) penghargaan yakni;


1. Pemerintah Kabupaten Minahasa kategori pembinaan Proklim tingkat kabupaten/kota.


2. Desa Rumoong Bawah kategori Proklim utama.


3. Desa Wawontulap kategori Proklim utama.



Penulis: Steven Paat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.