Header Ads

Kemnaker: TalentHub Hadir Jawab Tantangan Angkatan Kerja di Masa Depan

 



Manado, ESC--Indonesia akan memasuki puncak demografi pada periode 2020-2030. 


Pada periode ini, struktur penduduk Indonesia sebagian besar akan diisi oleh penduduk usia muda.


Pada jenjang periode tersebut, Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI menyiapkan sejumlah program, seperti program TalentHub, guna untuk memberikan dampak peningkatan penyerap lapangan kerja bagi penduduk usia Muda.


“Apa itu TalentHub? Yaitu Sebuah Gerakan Nasional yang bertujuan meningkatkan keterampilan anak muda khususnya pada generasi millenials dan Gen Z di bidang kreatif dan digital. Secara langsung bisa diakses lewat halaman web htpps: karirhub. kemnaker. go. id," ujar Ahmad Luthfi Managing Direktor Talenthub, Kemenaker RI, saat menjadi narasumber Diskusi Talend Talks Manado, tajuk The Future Of Work: From Adaptation to Transformation, di Hotel Arya Duta Manado Selasa (25/10/2022).


Dalam fasilitas itu, Kemnaker memberikan fasilitasi berupa pelatihan, mentoring, coaching, dan pengembangan kewirausahaan di bidang digital dan digital kreatif.


"Melalui fasilitas ini, Kemnaker memiliki target melahirkan wirausaha baru di bidang digital dan kreatif ini untuk menjawab tantangan angkatan kerja dimasa depan," katanya.

Lanjutnya, pada masa tranformasi dogital 4.0 saat ini Kemnaker sudah sementara melaksanakan 9 lompatan besar dalam rangka menghadapi puncak demografi.


"Yaitu Transformasi Balai Latihan Kerja, Link And Match, Transformasi Program Perluasan Kesempatan Kerja, Pengembangan Tenaga Kerja, Perluasan Pasar Keluar Negeri, Visi Baru Hubungan Industrial, Reformasi Pengawasan Ketenagakerjaan Pengembangan Ekosistem Digital Ketenaga Kerjaan, Reformasi Tranformasi," ungkapnya.


Tak jauh halnya disampaikan, Nurul Hidayatul Ummah Co Chair of Youth20 Indonesia 2022.


"Y20)merupakan wadah konsultasi resmi bagi para pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat saling berdialog," tuturnya.


Dalam pegelaran Y20 nantinya, dia menyampaikan ada beberapa kegelisahan para pencari pekerja muda indonesia. 


"Y20 mendorong para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, untuk bertukar ide, berargumen, bernegosiasi, hingga mencapai konsensus," tuturnya lagi.



"Y20 adalah side iven G20. Dan Kegiatan Y20 membahas isu-isu yang memjadi kegelisahan angkatan muda saat ini. Yaitu Yout Employment, Digital Transformastion, Sustanable Planet, sert Diversity And Inclusion," imbuhnya.


Isu menuritnya sudah berdasarkam riset yang dibutuhkan oleh anak muda saat ini.


Seperti diketahui kegiatan ini, adalah Diskusi yang diadakan oleh Y20 Indonesia 2022 bersama TalenHub Kemenaker RI. Hadir para perwakilan mahasiswa sejumlah Universitas Terkemuka di Sulawesi Utara, Siswa-Siswi SMA, serta pimpinan wilayah ikatan pelajar putri Nahdlatul Ulama Aulawesi Utara.(*)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.