Header Ads

KPU Manado Gelar Sosialisasi Tahapan PEMILU 2024 Kepada Stakeholder

 

Manado Editorialsulut.com - Melancarkan semua tugas-tugas terutama verifikasi faktual Parpol dan keanggotaan, KPU menggelar sosialisasi kepada para pemangku kepentingan, di hotel Arya Duta, Jumat (15/10).

Ketua KPU Manado Jusuf Wowor, mengatakan, sosialisasi dilakukan kepada seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah kota, TNI dan Polri hingga media massa, supaya semua tahapan pemilihan bisa berjalan lancar.

Menurut Wowor, semenjak tahapan pemilihan umum diluncurkan, KPU sudah bekerja, yang dimulai dengan pendaftaran Parpol dan mulai 14 Oktober sampai 4 November akan melakukan verfikasi faktual kepada partai politik dan keanggotaannya. 


Komisioner KPU Sunday Rompas, mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan sosialisasi serta menyebutkan berbagai dasar hukum pendukung pelaksanaan pemilihan umum, termasuk meminta agar semua pihak mendukung KPU bisa bekerja dengan berintegritas, tanpa menimbulkan keributan. 

Rompas juga menjelaskan tentang pemilihan DPR, DPRD provinsi, kabupaten/kota, DPD hingga Pilpres pada Oktober, dasar hukum yang digunakan, hingga pelaksanaan Pemilu. 

Sementara Komsioner KPU, Ismail Harun meminta agar Pemkot Manado membantu menyosialisasikan tugas-tugas tahapan pemilihan terutama mulai dilakukan KPU yakni turun ke rumah - rumah penduduk melakukan verifikasi faktual keanggotan Parpol, dengan personel yang terbatas. 

Hal yang sama juga disampaikan Komisioner KPU Sahrul Setiawan, dan Abdul Gafur Subaer, yang meminta bantuan pemerintah untuk membantu KPU yang akan mulai melakukan verifikasi, sehingga bisa melancarkan pekerjaan tersebut agar dapat selesai tepat waktu. 

Sementara Sekda Kota Manado, Micler Lakat menyinggung soal tugas-tugas Pemkot dalam menyukseskan semua tahapan KPU, termasuk mendukung dalam kesiapan dana, serta mengajak seluruh jajarannya untuk membantu melancarkan semua tahapan pemilihan umum termasuk verifikasi faktual Parpol dan keanggotannya, sampai membantu pengangkutan logisitik pemilihan. 

Demikian Ketua Bawaslu Manado, Marwan Kaiwnda, SH, MH yang menyatakan mendukung KPU dengan melakukan pengawasan berbagai regulasi yang mengaturnya, mulai dari UU, Peraturan KPU sampai Peraturan Bawaslu, termasuk bagaimana mengawasi pelaksanaan Verfak yang dilakukan KPU, apalagi sejak tahapan dimulai semuanya dilakukan dengan benar. 

Sedangkan Kapolresta Manado yang diwakili oleh Kabag Ops, Kompol Tommy Erwan, menyampaikan bahwa Polri sangat siap mendukung melancarkan semua tugas-tugas KPU, dengan menjaga keamanan dan mengikuti semua aturan yang ada, sambil menegaskan, bahwa Manado aman dan nyaman. 

Demikian juga dengan Dandim 1309/Manado yang diwakili Pasie Sandi Sintel, Plh Danramil Wori, Lettu Inf. Abun mengatakan kesiapan mendukung polri mengamankan jalannya Pilkada serta menegaskan netralitas TNI dalam pemilihan umum. 

Sosialisasi diakhiri dengan diskusi seputar tugas-tugas KPU serta langkah mengatasi masalah klasik pemilihan di Manado yakni soal masyarakat Tikela yang sudah dijelaskan dan ditegaskan oleh Sekda dan KPU Manado.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.