Header Ads

Pelaksanaan ANBK SD Kota Manado di Pantau Langsung dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi

 

Manado,editorialsulut.com Pelakasanaan Asesmen nasional berbasis komputer (ANBK)di kota Manado, di pantau langsung dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), 24-27 Oktober 2022. 

"Maksud dan Tujuan kami kesini untuk memantau pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer di tingkat satuan pendidikan sekolah dasar," kata Staf Direktorat SD Kemendikbud Ristek RI, Aryati Danu, di Manado, Senin. 


Dia mengatakan memang tim mereka mewakili Kementerian untuk memantau langsung bagaimana pelaksanaan ANBK di tingkat SD di Sulawesi Utara, dan pada hari pertama begitu turun dari pesawat langsung menuju ke SD Inpres 03 Paniki Bawah, Mapanget, melihat langsung AN tersebut. 

"Alhamdulillah di SD Inpres 03 Paniki, pelaksanaan AN berjalan lancar sehingga semua terlaksana tepat waktu," kata Aryati. 

Dia mengatakan selama pelaksanaan pada hari pertama, semuanya berjalan lancar, kalaupun ada kendala itu lebih ke server, tetapi hanya sedikit dan di semua sekolah ada penguat server dari pusat. 

Menurutnya, kondisi itu dikarenakan pada sesi pertama banyak sekali yang ikut, dan semuanya masih lancar-lancar saja, belum ada masalah. 

Pemantauan tersebut, katanya akan diteruskan ke wilayah kecamatan yang lain, dalam Kota Manado, sesuai penugasan mereka, yang pada dasarnya memantau di wilayah yang tingkat kesulitan rendah sedang sampai tinggi.     

Aryati menekankan bahwa pelaksanaan ANBK bertujuan untuk melihat kemampuan sekolah secara keseluruhan dalam pelaksanaan pendidikan, dan tujuan akhirnya adalah untuk peningkatan mutu sekolah. 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado, Dr. Deasy Lumowa, mengatakan, bahwa pelaksanaan ANBK di Manado, sudah dipersiapkan dengan matang, yang ditandai dengan persiapan yang dilakukan sejak lama. 

"Kami mulai melakukan dengan uji coba, kemudian gladi bersih sampai ke hari H pelaksanaan dengan harapan berjalan baik, dan dalam pemantauan di hari pertama sesi kesatu dan kedua berjalan dengan baik," katanya.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.