Header Ads

Bimtek Simda/FMIS, FDW Harap Tingkatkan Pengelolaan Keuangan Minsel


MINSEL, ESC -  Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH, membuka secara resmi  Bimbingan Teknis (Bimtek) SIMDA Next Generation melalui produk aplikasi dari Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara yaitu Finansial Management Information System (FMIS),   bertempat di Hotel Gran Puri Manado, Selasa (22/11/2022).


Bupati Franky Donny Wongkar dalam sambutannya mengatakan bawa dirinya sangat bersyukur dan memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada kepala Kantor Perwailan BPKP Provinsi Sulut yang selalu memberikan nilai positif bagi Pemkab Minsel dalam hal pengelolaan keuangan. 


“Tentunya selaku Pemkab Minsel saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPKP Perwakilan Sulut yang boleh bersama dengan Pemkab Minsel. Apa terlebih, kehadiran BPKP Sulut telah membawa hal-hal positif dan banyak keuntungan  bagi para  Kepala Perangkat Daerah, Ibu Sekda, Pak Wakil Bupati juga para peserta baik Bendahara SKPD maupun Operator SIMDA-NG/FMIS dalam pelaksanaan tugas di SKPD masing-masing,” tegas Wongkar yang juga akrab dikenal sebagai Sekretaris DPD PDI-P Sulut ini .


Lelaki low profil ini  menyadari bahwa, penerapan dan implementasi FMIS ini,  ternyata dalam pelaksanaan mulai dari perencanaan sampai pada laporan keuangan, akan sangat terbantu oleh sistem aplikasi FMIS ini. 


“Dulu disebut SIMDA. Sekarang SIMDA Next Geration atau FMIS dan semuanya ini ternyata produk dari  BPKP. Ini jelas, bahwa melalui aplikasi FMIS ini,  BPKP menginginkan agar supaya dalam pengelolaan keuangan daerah di Minsel, boleh berjalan dengan baik dan benar untuk kesejahteraan masyarakat. Artinya, aplikasi teknis ini sangat penting bagi kita semua dalam rangka kita mengawal aktivitas  perencanaan, penatausahaan keuangan hingga pada akutansi dan pelaporan keuangan kedepan, mudah-mudahan  tidak ada lagi  masalah-masalah tentang pengelolaan keuangan  di Minsel,” ucap Bupati FDW.


Ayah tercinta dari Inri, Rael dan Eldo Wongkar ini berharap agar pada para peserta yang mengikuti Bimtek ini, akan menjadi motor penggerak. 


"Selain menjadi motor penggerak di lingkungan kerja ibu/bapak untuk mengimplementasikan aplikasi ini. Saya mau ingatkan jangan sampai ibu/bapak bendahara dan operator  tidak bisa mengimplementasikan materi-materi yang didapat dari Bimtek ini. Sekali lagi, saya tegaskan bahwa bimtek ini tujuannya untuk meningkatkan kompetensi dari ibu/bapak. Kalau cuma biasa-biasa berarti di sekolah oknum tersebut pasti tidak lulus, hal ini  bagi saya dan pak Wabup akan sangat mengganggu pengelolaan keuangan kedepan.  Jadi  saya berharap dan saya terlalu  yakin agar operator  dan bendahara sudah menerima materi dengan baik. Dan yang paling penting, ibu/bapak dapat mempertanggungjawabkan melalui pelaksanaan tugas  di masing-masing SKPD,” tutup FDW 


Diakhir sambutan Bupati FDW juga, sambil membuka  secara resmi Bimbingan Teknis Implementasi dan Penerapan Aplikasi Financial Management Information System (FMIS).



Selanjutnya, Bupati Franky Donny Wongkar atas nama Pemkab Minahasa Selatan melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan dengan Beligan Sembiring Kepala Kantor Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara tentang Pengembangan Manajemen Pemerintah Daerah di Lingkungan Pemerintah Minahasa Selatan. 


Keduanya bersepakat sesuai dengan ruang lingkup yang tertera dalam Nota Kesepakatan tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Minsel Pdt. Petra Yani Rembang, MTh, Sekda Minsel Glady Kawatu, SH, MSi, para pejabat BPKP Sulut serta sejumlah Kepala SKPD.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.