Header Ads

KBA Sindulang Satu Manado, Wujud Komitmen Astra Sejahterakan Masyarakat

 


Manado, editorialsulut.com - Astra terus membuktikan komitmen berkontribusi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan yang berkelanjutan, di Kota Manado, Sulawesi Utara, lewat program kampung berseri astra (KBA) di Sindulang Satu, Kecamatan Tuminting.

KBA yang merupakan program kontribusi sosial astra itu, telah dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu di Sindulang Satu, Kecamatan Tuminting dalam bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan dan kewirausahaan, di area tersebut, dan kasih berjalan sampai sekarang, meskipun di tengah hantaman COVID-19. 


Penggerak KBA Sindulang Satu, Devitasari, menjelaskan, Astra mulai melaksanakan kegiatan tersebut sejak 2019, dan Sindulang Satu menjadi kelurahan yang dipilih dengan berbagai pertimbangan. 

"Astra memilih Kelurahan Sindulang Satu, Kecamatan Tuminting, Manado, sebagai sasaran empat pilar program KBA, karena tingkat buta aksaranya paling tinggi berdasarkan suvery yang dilakukan, kemudian lokasinya yang berdekatan dengan "bersehati" yang merupakan pasar rakyat terbesar di Manado, kemudian merupakan ikon kota Manado dengan tanda tulisan wellcome to Manado, " katanya. 

Untuk mendukung dan mengembangkan program pendidikan, mengurangi angka buta aksarasa, dimana KBA memberikan bantuan beasiswa, fokus ke siswa SMA dan mahasiswa dalam setiap semesternya yang mencapai 12-15 orang, sedangkan mahasiswa 5 sampai 7 orang juga. Jika dihitung, total penerimaanya sudah mencapai 30-40 orang, karena selalu diganti setiap semester, agar semua yang ekonomi lemah, bisa merasakan juga, bantuan astra. 


Bahkan kata Devitasari, untuk menjaring anak-anak tidak mampu, pihaknya juga mengumumkan secara terbuka, bantuan tersebut, baik lewat rumah-rumah ibadah, lingkungan, dengan mempertimbangkan juga prestasi dan kemampuan akademis siswa.  

"Bahkan kami juga memberdayakan para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa agar bisa menjadi relawan untuk menjadi penggerak juga program tersebut Sindulang, sehingga bisa membantu adik-adiknya yang belum bisa dibantu, sebab dengan soft skill yang dimiliki juga akan menjadi bekal untuk masa depan, menjadi pengajar dan lainnya," katanya.  

Dia mengatakan, berdasarkan laporan bulanan yang dibuat itu, maka angka buta aksara juga berkurang, di Sindulang sehingga cukup melegakan.  

Sedangkan untuk kegiatan kesehatan, menurut Devitasari bantuan dan dukungan juga banyak diberikan, adalah memberikan pemeriksaan kesehatan gratis, membantu menambah alat kesehatan seperti timbangan bayi dan orang dewasa, makanan tambahan serta bekerja sama dengan dinas kesehatan saat memberikan layanan Posyandu. 

"Kami bekerja sama dengan dinas kesehatan, setiap kali ada pelayanan Posyandu dan membantu memberikan makanan tambahan, susu, termasuk juga untuk Posyandu Lansia, kami bekerja sama dengan 25 kader kesehatan dalam penyelenggaraan kegiatan," katanya. 

Selain itu, dalam program KBA ketika ada pemeriksaan kesehatan gratis, ada tenaga perawat yang memeriksa dan memberikan konsultasi kesehatan gratis bagi para Lansia. 

"Penyuluhan juga dilakukan untuk memberikan pemahaman kesehatan kepada masyarakat tentang pola hidup sehat," katanya. 

Mengenai lingkungan hidup, bersama dengan pemangku kepentingan seperti pemerintah dan berbagai elemen masyarakat, juga bekerja bakti membersihkan lingkungan agar makin sehat, dan tidak lagi membuang sampah sembarangan, sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Untuk program kewirausahaan, kata Devitasari, KBA berkolaborasi membantu pelaku UMKM, untuk meningkatkan ketrampilanya, dengan memberikan pelatihan-pelatihan, baik secara langsung atau online, kemudian membantu memasarkannya juga. 


"KBA membantu dengan memberikan pelatihan baik secara langsung maupun lewat online, untuk membuat makanan olahan, memberikan bantuan barang dan peralatan juga memberikan bantuan untuk kelompok nelayan, untuk operasional usaha kecil, kemudian kami memasarkannya ke berbagai jaringan Astra, di Manado," katanya. 


Bahkan untuk memasarkan produk-produk makanan olahan seperti bakso ikan di Sindulang Satu, KBA juga menggelar pasar Ramadhan di tanah lapang, tepian DAS Tondano, yang sangat ramai sehingga pembeli bisa datang darimana saja, dan bertransaksi yang secara langsung mendorong peningkatan UMKM di Sindulang Satu. 



"KBA membantu dengan memberikan pelatihan baik secara langsung maupun lewat online, untuk membuat makanan olahan seperti abon cakalang dan sudah dipacking dengan baik dan mengikuti prosedur penjualan dari pemerintah, untuk itu bekerja sama dengan dinas perindag dan pariwisata, kemudian kami memasarkannya ke berbagai jaringan Astra, di Manado, memberikan bantuan barang dan peralatan juga memberikan bantuan untuk kelompok nelayan, untuk operasional usaha kecil," katanya.

Pemasaran itu, kata Devitasari dilakukan ke jaringan astra, dimana hasil-hasil olahan UMKM dijual kepada para karyawan sehingga bisa terjual dan menopang usaha kecil yang didukung Astra itu. 


Astra juga mendukung berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan lainya seperti mensponsori lomba-lomba olahraga rakyat yang digelar seperti bola kaki dan lainnya. 

KBA adalah program kontribusi sosial Astra yang berkelanjutan dengan fokus pada pengembangan kampung atau kawasan dengan mengintegrasikan empat pilar pengembangan program meliputi Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, dan Kewirausahaan.

Program tersebut mengajak masyarakat secara kolektif untuk berinisiatif dan berkomitmen melakukan perubahan bersama dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, baik dalam bidang pendidikan berupa meningkatnya taraf pendidikan dan literasi, bidang kesehatan berupa perilaku untuk hidup lebih sehat serta kesadaran menjaga lingkungan agar bersih dan hijau, hingga meningkatnya standar kesejahteraan masyarakat. 

KBA merupakan program yang dirancang untuk melibatkan seluruh pemangku kepentingan di suatu wilayah dalam rangka menyejahterakan kampung terpilih, dengan tujuan agar menjadi bersih, sehat, cerdas, dan produktif.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.