Header Ads

Lapas Tuminting Gelar Natal Bersama Warga Binaan

Manado Editorialsulut.com, - Berlokasi di gedung gereja Lapas, keluarga besar LP Manado dibawah komando Kalapas, Maruliye Simbolon, SH, MH menggelar ibadah menyambut Natal Yesus Kristus, dipimpin Pdt. Minarni Rantealo, MTh, dihadiri Kadivpas Kanwil Kemenkumham Sulut, Kusnali Amd.IP, S.Sos, M.H, para pejabat di tempat itu serta Keluarga besar LP Kelas II Manado, Selasa siang

Pdt. Minarni Rantealo, MTh, mengajak semua yang beribadah merenungkan bacaan Alkitab yang diambil dari Injil Lukas pasal 2 ayat 10 dan 11, tentang kabar dari Malaikat kepada para gembala di malam yang sunyi dan.Sebelum pembacaan dan perenungan Firman, dilakukan pemasangan lilin, dan ditancapkan pada sebuah tempat yang disiapkan khusus, sebagai pertanda terang Tuhan yang tak pernah padam di tengah manusia, dalam iringan lagu, seribu lilin nyalakan yang dinyanyikan grup akapela, Male Voice. 

Khotbah dimulai dengan atraksi fragmen, tentang realita kehidupan,  yang dilakoni para warga binaan, yang bertemakan tentang contoh keinginan duniawi dan keserakahan manusia, sudah berkeluarga masih punya simpanan, dan tuntutan keluarga yang menyusahkan serta simpanan yang menyebabkan oknum terbawa arus dan hilang jati diri dan berakhir di penjara. 


Pdt Rantealo mengatakan, fragmen itu adalah realitas kehidupan yang dijalani manusia, mau bernatal dengan pamer-pamer, padahal makna natal tidak sesempit itu. 

"Itu adalah realitas manusia di luar, bukan di sini, Natal itu soal kasih, bagaimana mengasihi, membaharui sikap kita dan bagaimana manusia memanusiakan manusia serta mampu menghadirkan hati kita untuk menyambut Kristus tanpa embel-embel ini dan itu," katanya. 

Sedangkan Kalapas Manado, Maruliye Simbolon SH, MH, dalam sambutannya menyampaikan selamat natal kepada semua sambil melaporkan Kepada KadivPas, bahwa saat ini pihaknya memprioritaskan pemenuhan hak-hak dan kebutuhan para warga binaan, dan sudah terpenuhi. 

"Itu semua berkat dukungan dan arahan Kanwil Kemenkumham dari divisi pemasyarakatan, serta atas nama kerja sama dan terobosan dari seksi pembinaan dari kepala seksi sampi staf, maka semua terlaksana dengan baik," katanya. 

Simbolon juga berharap, semua warga binaan, tetap menjaga hati dan sikap, dan yang baru tahun ini bernatal di LP,  kiranya cepat menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada, jika sebelumnya masih bersama keluarga dan tahun ini sudah di sini harus tetap sabar dan kiranya renungan Natal yang disampaikan akan terus menguatkan hati semua warga binaan. 

Sedangkan,  KadivPas Kanwil Kemenkumham Sulut,  Kusnali Amd.IP, S.Sos, M.H, atas nama Kakanwil, dalam sambutannya mengapresasi langkah Kalapas kelas II Manado bersama jajarannya karena sudah memprioritaskan pemenuhan hak seluruh warga binaan. 

Dia menegaskan, Divisi Pemasyarakatan hanya mendukung dan mengarahkan yang melakukan semuanya adalah Kalapas dan jajarannya, karena itulah dia sangat berterima kasih kepada seluruh jajarannya di LP Manado.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.