Header Ads

Hut Minsel ke-20, Dukcapil Minsel Kawinkan 105 Pasangan dan Sunat 42 anak



MINSEL, ESC - Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) melaksanakan Program Kawin Massal dalam rangkaian Hari Jadi Minsel ke-20, bertempat di Aula Waleta Kantor Bupati, Senin (30/01/2023).


Dalam program kawin massal ini diikuti oleh 105 pasangan, bertujuan agar masyarakat yang sudah hidup bersama tapi belum sah secara agama dan negara, bisa memiliki dokumen kependudukan berupa Akta Perkawinan, KK, dan KTP sehingga dapat mengakses seluruh layanan pemerintah dengan mudah.


Bertindak sebagai khadim pada pemberkatan nikah massal tersebut Bapak Wakil Bupati Pdt Petra Yani Rembang, sedangkan sebagai saksi dalam pernikahan adalah Ketua TP-PKK Minsel, Ibu Elsje Wongkar – Sumual bersama Sekretaris TP-PKK, Ibu Juli Rembang – Wati.


“Pernikahan merupakan amanat agung yang sakral dalam semua agama di Indonesia. Pasangan yang sudah diteguhkan langsung akan dibantu dalam kepengurusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil oleh pemerintah sehingga menjadi keluarga yang sah melalui agama dan negara,” tutur Wabup Petra saat membacakan sambutan Bupati Franky Donny Wongkar (FDW).



Melalui Kepala Disdukcapil Minsel Dekky Tuwo mengatakan, program Kawin Massal selain dalam rangka Hari Jadi Minsel ke-20, juga sebagai upaya pemerintah dalam meminimalisir jumlah pasangan yang belum memiliki ikatan pernikahan yang sah.


“Ini juga dalam upaya mengurangi adanya pasangan yang tidak memiliki ikatan perkawinan yang sah namun sudah hidup bersama atau biasa dikenal “Kumpul Kebo”. Oleh karena itu Kawin Massal ini menjadi salah satu program yang rencananya akan dilangsungkan lagi dalam waktu dekat,” terang Tuwo.


Dalam kesempatan yang sama, pasangan tertua Stanislaus Sengkey (81) dan Catharina Lila (70) dalam keluarga yang baru Kel Sengkey – Lila warga Desa Raratean mengungkapkan rasa syukur bisa dipersatukan lewat pernikahan yang sah baik agama maupun negara.


“Kami mengucap syukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada Pemkab Minsel yang sudah mempersatukan kami dalam pernikahan yang kudus ini,” ucap Stanislaus didampingi Istri tercinta.



Diakhir kegiatan, Wabup Petra didampingi Kadis Dukcapil secara simbolis menyerahkan surat peneguhan nikah. Dalam rangkaian HUT Minsel ke-20 ini, selain Kawin Massal dilaksanakan juga Program Sunatan Massal yang diikuti oleh 42 anak.



Penulis: Steven Paat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.