Header Ads

Kerja Keras FDW-PYR berbuah Hasil, Minsel Peringkat Satu Pengelolaan Keuangan


Minsel, ESC - Pemerintah Kabupaten MInahasa Selatan dibawah Pimpinan Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Pdt. Petra Yani Rembang terus berupaya meningkatkan tata kelola Pemerintahan yang baik dan sempurna, hingga hal tersebut mendapat tuai pujian dan berbagai Apresiasi dari sejumlah pihak. 

Sebelumnya Pemkab Minsel menjadi terbaik kedua Se - Provinsi Sulawesi Utara dalam capaian MCP-KPK Tahun 2022, selanjutnya meraih Penghargaan UHC Award dari Pemerintah Pusat, dan kali ini Pemkab Minsel meraih Peringkat I pada Evaluasi Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Provinsi dan kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara untuk kategori Kabupaten Se-Sulawesi utara. 

Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD ) adalah satuan ukuran yang ditetapkan berdasarkan seperangkat dimensi dan indikator untuk menilai kualitas kinerja tata kelola keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel dalam periode tertentu. 

Pengelolaan keuangan daerah yaitu keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan. Dengan indikatornya : kesesuaian dokumen perencanaan dan penganggaran, pengalokasian anggaran belanja dalam APBD, transparansi keuangan daerah, penyerapan anggaran, kondisi keuangan daeran, dan opini BPK atas LKPD. 

Berdasarkan SK Gubernur Sulawesi Utara No 397 Thn 2022 tentang Penetapan Hasil Pengukuran Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara Tahun 2021, Kabupaten MInahasa Selatan meraih  peringkat I dengan Indeks Total 73.1949 dengan Nilai B untuk kategori Kabupaten Se-Sulawesi utara Klaster/Kemampuan Keuangan Daerah Rendah, dari 11 Kabupaten Se- Sulawesi Utara yang dinilai. dan Nilai ini juga melebihi nilai rata-rata nasional, yaitu sebesar 61.9804. 

Dari Apresiasi tersebut Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang telah melakukan penilaian dan pengukuran secara objektif sebagai wakil Pemerintah Pusat di Daerah. 

Selanjutnya Bupati FDW menyampaikan bahwa apa yang telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan merupakan hasil kerjasama dan kerja keras semua pihak.

"Untuk itu saya berharap agar hal tersebut menjadi motivasi bagi seluruh perangkat daerah yang ada untuk meningkatkan kinerjanya dan semoga prestasi ini dapat dipertahankan juga ditingkatkan pada masa yang akan datang”, harap Bupati Franky.



Penulis: Steven Paat

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.