Header Ads

Pemdes Waakan Ajak Masyarakat Tunjang Program Evaluasi dan Perkembangan Desa



MINSEL, ESC - Pemerintah Desa (Pemdes) Waakan, Kecamatan Amurang barat, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), menggelar acara Evaluasi Tingkat Perkembangan Desa Tahun 2023, Rabu (15/03/2023). 


Kegiatan tersebut dihadiri Camat Amurang barat Hiskia Kondoy, beserta Tim Penilai dari tingkat Kecamatan, BPD, LPM, Bumdes, Perangkat Desa dan undangan lainnya. 


Hukum Tua Desa Wakan Olfi Manintjolor,  dalam sambutannya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk menunjang dan mensupport program Evaluasi Perkembangan Desa ini. 


“ Ini merupakan program Pemerintah pusat. Masyarakat Desa Wakan siap untuk dievaluasi dan dinilai untuk Perkembangan Desa oleh tim dari Tingkat Kecamatan”, Ungkap Manintjolor 


Lanjutnya, Desa Wakan, memiliki 6 jaga, dan sudah sangat siap untuk dinilai oleh Tim Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kecamatan. 


“Diharapkan, desa Wakan bisa menjadi utusan Kecamatan Amurang barat ke tingkat Kabupaten,” Imbuh Hukum tua Manintjolor. 


Sementara itu, Camat Amurang barat dalam sambutannya menyampaikan tupoksi dari Perangkat Desa dan Profil Desa harus diperhatikan dengan baik di Desa maupun di Jaga masing masing. 


Disampaikannya juga, dalam Evaluasi Tingkat Desa tersebut ada tiga kriteria penilaian. Jangan hanya terpaut pada kebersihan, sebab kebersihan itu hanya wujud untuk menerima tamu. Tetapi jangan juga hanya dilakukan saat diadakan perlombaan, setiap saat kebersihan harus terus digalakan. 


"Untuk pelaksanaan lomba desa ini sudah sesuai dengan aturan yang tertuang dalam evaluasi perkembangan desa, yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 81 tahun 2015," Tutur Kondoy. 


Untuk itu Camat Ambar ini kembali menegaskan, agar pemerintah desa dan masyarakat untuk selalu menopang dan menyukseskan semua program yang diusung Pemerintah Kabupaten Minahasa selatan. 


Usai penilaian evaluasi tingkat perkembangan desa oleh para Tim penilai yang didampingi oleh masing-masing Kepala Jaga dan Meweteng kemudian langsung diadakan hasil pelaporan untuk  penilaian.




Penulis: Steven Paat


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.