Header Ads

SPM Award 2023, Bupati Joune Komit Benahi Manajemen Pelayanan Minut



Jakarta, ESC--Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda S.E., MAP.,M.M.,M.Si menghadiri undangan Menteri Dalam Negeri pada agenda Standar Pelayanan Minimal (SPM) Award 2023, Selasa(21/3) di hotel Bidakara, Jakarta.


Diketahui, kegiatan ini dalam rangka pembinaan penerapan Standard Pelayanan Minimal (SPM) Tahun 2023, 


Adapun agenda yang dibuka oleh Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo bersama 7 narasumber yang ada ini juga memaparkan arah kebijakan SPM dalam berbagai bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, sosial, bencana, dan lainnya.


Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo yang membuka sekaligus memberikan penghargaan SPM Awards 2023 menegaskan, urusan pemerintahan yang wajib diperoleh setiap warga negara diantaranya Pendidikan, Kesehatan, Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, Ketentraman dan Ketertiban Umum serta perlindungan masyarakat, dan Sosial.


"SPM ini ditetapkan dan diterapkan berdasarkan prinsip kesesuaian kewenangan, ketersediaan, keterjangkauan, kesinambungan, keterukuran dan ketepatan sasaran. Apalagi, mereka berhadapan langsung dengan masyarakat dalam hal pemenuhan pelayanan dasar," ujar Wamendagri.


Sementera itu, Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Restuardy Daud menambahkan, tujuan diadakan SPM Awards 2023 ini untuk meningkatkan komitmen Kepala Daerah dalam menjalankan urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan mendorong Penerapan SPM di daerah dilaksanakan secara optimal.


"Adapun indikator yang menjadi penilaian SPM Awards 2023 yakni Indeks pencapaian SPM (IP-SPM), Komitmen Anggaran penerapan SPM, Pelaksanaan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam penerapan SPM, Pembentukan dan keaktifan tim penerapan SPM, dan Kualitas dan ketaatan terhadap pelaporan SPM secara triwulanan pada aplikasi pelaporan SPM berbasis web (e-SPM)," ujar Restuardy.


 Kabupaten Minahasa Utara yang terundang dalam acara ini optimis berkat arahan dari para stakeholder yang ada kedepannya akan mendapatkan penghargaan SPM Award yang akan di selenggarakan berikutnya. 


" SPM Awards 2023 adalah bentuk penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah yang berkinerja terbaik, dalam menerapkan SPM." tandas Bupati Minut Joune Ganda sambil menegaskan dia optimis Minut bakal mencapai SPM yang diharapkan oleh Kemendagri.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.