Header Ads

BPOM Manado Ingatkan Masyarakat Hati-Hati Membeli Takjil Yang Berwarna Terlalu Cerah

 

Manado,editorialsulut.com - Melakukan pengawalan rutin tahunan, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Manado, menyidak sejumlah lokasi penjualan pangan siap saji, khusus takjil Ramadhan bersama, dengan dinas kesehatan Manado, Senin siang. 


Kepala BBPOM Manado, Dra. Hariani, Apt, mengatakan, sidak dilakukan di sejumlah lokasi, secara bersamaan, dan semua sampel di ke mobil keliling yang parkir di kawasan megamas Manado. 

"Kami melakukan pengawalan rutin tahunan untuk pangan siap saji, dan ini jenis takjil yang dikonsumsi masyarakat selama Ramadhan," katanya. 


Sampel takjil yang diuji, dibeli langsung di setiap tempat yang berjualan di sepanjang jalur Boulevard satu depan mantos, sampai ke depan megamal, juga di Banjer dan beberapa titik penjualan di Kelurahan Istiqlal Kampung Arab. 

Dia mengatakan, pihaknya menguji apakah sampel takjil yang dicurigai mengandung bahan berbahaya karena berwarna terlalu cerah merah muda dan kuning atau tidak. 


"Pengujian ini cepat hanya sekitar 10 menit, hasilnya bisa dilihat begitu juga dengan yang diduga mengandung borax dan formalin, akan diuji di laboratorium BBPOM di Winangun. 

Selain di Manado, kata Hariani pihaknya juga telah melakukan sampling di Minahasa dan kota Tomohon, dan hasilnya masih baik semuanya. 

Di sisi lain, dia mengimbau masyarakat, jangan membeli pangan yang warnanya terlalu merah muda dan kuning karena kuatir mengandung methanyl yellow dan rhodamin B.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.