Header Ads

Bupati Joune Apresiasi Gerak Cepat 4 RS di Minut Bantu Peserta Selebrasi Remaja

Joune Ganda Bupati Minahasa Utara yang juga ketua umum Pelaksanaan Kegiatan Selebrasi Paskah Remaja, mengunjungi peserta pawai di Rumah Sakit Minggu (16/4) subuh.(foto:ist)


MINUT, ESC-Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda S.E.,M.A.P., M.Si.M.M,d idampingi Kadis Kesehatan dr Stella Safitri meninjau langsung peserta selebrasi paskah remaja GMIM Wilayah Winawerot Minggu(16/4) subuh.


" Yang jelas saya telah memastikan langsung semua yang terdampak telah ditangani oleh tim medis di 4 rumah sakit di Minut, dari 229 orang hanya 2 orang yang dirawat inap karena penyakit bawaan dan hari ini juga telah dipulangkan oleh pihak rumah sakit" ujar Bupati Joune Ganda.


Dia menjelaskan, pada prinsipnya sejak kejadian ini panitia khususnya tim medis langsung bergerak membantu pihak RS dalam memberikan tindakan media yang di butuhkan.


" Yang jelas kondisi pelayanan di 4 rumah sakit itu bukan kekacauan atau keributan seperti beredar di medsos, akan tetapi hal itu di sebabkan karena faktor kedatangan para pasien secara serentak dalam jumlah yang banyak serta ada unsur kepanikan keluarga dan teman-teman remaja yang sakit" tegas Joune Ganda.


Selain itu, terkait dengan beredarnya isu bahwa ada pasien remaja yang dipungut biaya, itu karena yang bersangkutan tidak terdaftar kepersetaan BPJS, jadi sesuai prosedur standar rumah sakit harus membayar.Namun setelah itu panitia langsung menganti biaya yang dikeluarga oleh keluarga remaja yang dirawat.


Dan dari sekian banyak remaja yang mendapatkan tindakan medis, status kepesertaan BPJSnya tidak aktif, namun saat itu panitia langsung bergerak cepat mengaktifkan agar dapat dimanfaatkan.


" Puji TUHAN semua telah terkondisikan dengan baik,  dari sisi teknis medis dan biaya yang ditimbulkan semua telah sesuai prosedur dan diatasi oleh panitia pelaksana bekerja sama dengan Dinas terkait di jajaran Pemkab Minut" tegasnya.


Dia menambahkan, terlepas dari peristiwa yang telah diatasi dengan tuntas itu, sejak awal panitia telah mengantisipasi dengan menyiagakan pos kesehatan yang sangat memadai termasuk unit Ambulance.


" Sesuai fakta dilapangan, adik remaja yang banyak mengalami pingsan itu terjadi di saat berjalan dan garis finish sementara yang dilapangan atau garis star hanya sedikit jumlahnya. Namun sejak awal kegiatan melihat kondisi cuaca yang cukup panas saat itu, panitia pelaksana secara intensi mengingatkan kepada seluruh peserta jika mengalami gangguan kesehatan segera mendatangi pos kesehatan yang disiapkan oleh panitia, dan bagi yang lelah tidak memaksanakan diri untuk mengikuti kegiatan ini."kata Joune Ganda.


Untuk itu kata Joune Ganda, dia sangat mengapresiasi gerak cepat tim medis di 4 rumah sakit yang ada di Minut dalam memberikan pertolongan sehingga seluruh peserta selebrasi pasrkah remaja yang pingsan dapat dilayani sehingga seluruhnya telah menjalani rawat jalan atau pulang kerumah masing-masing.


" Atas nama panitia selebrasi Paskah Remaja GMIM wilayah Winawerot dan Bupati Minut saya menyampaikan apresiasi kepada tim medis dan manajemen empat RS yang telah membantu sehingga seluruh peserta selebrasi yang sakit dapat telah diberikan pertolongan secara maksimal sesuai prosedur yang berlaku."tandas Bupati Joune Ganda sambil memohon maaf atas seluruh ketidaknyamanan selama pelaksanaan selebrasi paskah remaja GMIM  diantaranya kemacetan arus lalu lintas sejak pembukaan hingga penutupan yang dihadiri oleh puluhan ribu peserta itu.


Berikut Jumlah Pasien Yang dirawat:

Rs Walanda Maramis 55 Pasien

Rs Lembean 125 Pasien

Rs Tonsea 21 Pasien

Rs Sentra 28 Pasien

Total yang dirawat 229 Pasien dan untuk diketahui seluruh pasien tidak dipungut biaya.(*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.