Header Ads

Misi Keren Ketua DPD PAPRI Sulut Joune Ganda dari Kolintang Sampai Bangun Gedung Musik


MINUT, ESC--Tidak hanya pemangku  jabatan saja. Ternyata Ketua DPD Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Joune Ganda punya misi mulia yang sementara di rancangnya.


Bukan hanya di tingkat nasional, tapi dunia internasional siap diperkenalkannya kearifan lokal Sulawesi Utara (Sulut) yang berkaitan dengan dunia PAPPRI.


Selain membawa Kolintang dikenal di kancah internasional tapi juga bakal membangun Gedung Musik di Minahasa Utara.


Langkah strategis juga sudah dilakukan. Yaitu dengan membentuk setidaknya ada 8 DPC PAPRI Sulut.


"Saya harapkan akan muncul dari 8 DPC itu talenta-talenta baru dan orang-orang hebat yang mengangkat kearifan lokal sehingga bisa diangkat ke tingkat nasional bahkan ke internasional," ujar Joune yang juga Bupati Minahasa Utara, di JG Center Selasa 11 April 2023.


Kearifan lokal yang Sulut yang banyak di kenal masyarakat jadi salah satu misi majukan kearifan lokal.


Berbicara tentang kearifan lokal Sulut Kolintang menurutnya saat ini sementara diangkat oleh Pemerintah Indonesia "Kolintang goes to UNESCO"


"Karena Kolintang nantinya akan menjadi benda warisan dunia. Dan kami terus nerupaya untuk bekerjasama dengan PINKAN Sulut untuk terus mengangkat kearifan lokal itu," kata Joune, yang juga adalah ketua PINKAN Sulawesi Utara.


Sekretaris DPP PAPPRI Dwiki Dharmawan bahkan juga memgaku jatuh cinta dengan alat musik kolintang. Pasalnya, kolintang adalah salah satu alat musik yang memiliki redme yang unik.


"Kolintang itu bukan alat musik solo atau andsembel. Tapi Okestra Kolintang Kayu Minahasa Utara. Mempunyai redme yang unik dan skala dengan nada-nada yang unik. Memiliki bisa sampai 11 struktur nada dan idiom yang itu selalu terbawa kemana mana. Dan saya jatuh cinta dengan kolintang," ungkapnya sambil mengaku bangga dengan anak muda  Ferdinand Soputan putra Minahasa yang sudah membuat album The Sound of Minahasa: Duo Kolintang Kayu.


Diketahui, ajang spektakuler dihelat di Kabupaten Minahasa Utara Selasa (11/3).


Kegiatan itu untuk memperingati Hari Musik Nasional ke-20 (HMN20) tahun 2023, yang digagas oleh Ketua DPD PAPPRI Sulut Joune Ganda.


Selain talk show, ada juga konser musik bertema “Musik Indonesia Keren” serta buka puasa bersama yang dipusatkan di JG Centre jalan Soekarno, Minahasa Utara. Turut dihadiri artis papan atas Indonesia sperti Once Mekel, Andre Hehanussa dan Civas Band.



Menurut Joune Ganda, ajang tersebut telah turut memperkenalkan Likupang sebagai satu dari lima Daerah Pariwisata Super Prioritas.




Penulis: DeWa


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.