Header Ads

Bupati Franky Ikut Demo Pembuatan dan Aplikasi Biosaka


Minsel, ESC - Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH menghadiri kegiatan Demo Pembuatan dan Aplikasi Biosaka, bertempat di RM Turangga Tumpaan, Jumat (19/05/2023). 


Biosaka merupakan Elisitor yang merupakan senyawa kimia yang dapat memberikan respon fisiologis bagi tanaman untuk lebih energik dan produktif. 


Peserta kegiatan ini adalah seluruh Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Minahasa Selatan, diharapkan mereka menjadi agen di masing-masing wilayah binaan peyuluhan pertanian, untuk melarang pembuatan dan pengaplikasian biosaka. 


Bupati Minahasa SelatanFranky Donny Wongkar, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa, mandat pemerintah adalah mensejahterahkan masyarakat dan Dinas terkait berperan aktif berkomunikasi dengan para petani untuk memanfaatkan lahan secara optimal antara lain sebagai upaya mengatasi inflasi serta pembatasan jumlah produksi dibandingkan dengan besarnya kebutuhan masyarakat Minahasa Selatan. 


“Saya berharap agar semua ini dapat diterapkan ke seluruh kecamatan untuk semua tanaman, karena penyumbang terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi adalah sektor pertanian dan perkebunan dan kira-kira Kegiatan ini tidak hanya pengungkapan seremonial saja tetapi harus diimplementasikan secara berkelanjutan,” Bupati FDW. 


Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH  juga mendemonstrasikan pembuatan Biosaka dan cara mengaplikasikan ke tanaman. bersama dengan Sekretaris Daerah Ibu Glady N. L. Kawatu, SH, M.Si., Kadis Pertanian dan Perkebunan Daerah Prov. Sulawesi Utara yang diwakili oleh Kepala Balai Perlindungan dan Pengujian Mutu Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Peternakan Prov. Sulawesi Utara Ibu Nova Sumolang, SP, M.Si, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Minahasa Selatan, Camat Tumpaan dan Staf Khusus Bupati Bidang Pertanian.(Steven Paat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.