Header Ads

Rektor Unsrat Jadi Irup di Peringatan Hari Lahir Pancasila

 

Manado,editorialsulut.com - Rektor Unsrat Manado Prof Dr Ir Oktovian Berty Alexander Sompie MEng IPU membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbukristek).

Sambutan tertulis itu dibacakan orang nomor satu di universitas kebanggaan Sulawesi Utara itu saat bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Unsrat Manado, Kamis (1/6/2023).

Mendikbudristek mengungkapkan, para pendiri bangsa dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) menyepakati bahwa Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia.

“Pancasila, digali dari nilai luhur budaya bangsa di nusantara dan memiliki makna yang dinamis dan universal,” tandas Mendikburistek.

Pancasila juga mengandung lima nilai universal dasar yakni Ketuhanan, Kemanusiaan, Kebhinekaan, Demokrasi dan Keadilan Sosial.

“Kita adalah penyelenggara negara yang merupakan lini terdepan dalam menjaga nilai-nilai Pancasila, khususnya dalam urusan pemerintahan di bidang pendidikan dan kebudayaan”

“Untuk itu, mari kita bergotong-royong membangun peradaban dan pertumbuhan global,” harap Mendikbudristek. (Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.