Header Ads

Dewan Pers Gelar "Speech Panel and Talkshow Bersama Mahasiswa Unsrat

 

Manado,editorialsulut.com - Dewan Pers dalam kunjungan bertajuk “Sambang Kampus” menggelar “Speech Panel and Talkshow” terkait penerapan etika jurnalistik kepada mahasiswa Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, di Aula Lantai 4 Kantor Pusat Unsrat, Rabu (30/8/2023).

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr Ronny Maramis SH MH dalam sambutannya mewakili rektor, menyoroti fenomena dunia pers pada era milenium III atau abad 21 ini.

“Telah terjadi perubahan besar eksistensi pers yang diakibatkan oleh adanya kemajuan teknologi bidang komunikasi dan informasi,” katanya.

Lahirnya media pers online, kata dia, dalam realitasnya menggeser supremasi media cetak.

Sementara menurutnya, keberadaan Media online memiliki dimensi positif, namun juga memiliki dimensi negatif yang harus dicermati.

Dirinya pun menyebut tentang dimensi positif media online yang memberi kecepatan penyebaran informasi, memutus hambatan ruang dan waktu, melubernya informasi, dan lain-lain.

Sementara dimensi negatifnya, antara lain melubernya “berita hoax” dan terjadinya pelanggaran prinsip-prinsip dan teknik jurnalistik serta pelanggaran terhadap “Kode Etik Jurnalistik”.

Di lain pihak, Ketua Komisi Informasi dan Komunikasi Dewan Pers, Asmono Wikan mengatakan, kunjungan ke Kampus Unsrat guna mendorong penerapan etika jurnalistik yang tinggi di kalangan mahasiswa.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya Dewan Pers untuk terus mempromosikan praktik jurnalistik yang profesional dan beretika di tengah kemajuan teknologi dan perubahan dinamika informasi,” pungkasnya.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.