Header Ads

Gubernur Olly Dondokambey Hadir di Dies Natalis ke 65 Fakultas Hukum Unsrat

 


Manado,editorialsulut.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey, menggambarkan potensi strategis wilayah Sulut yang terletak di kawasan Laut Pasifik dalam orasi ilmiahnya. Dalam acara Sidang Terbuka Senat merayakan Dies Natalis Ke-65 Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, pada Selasa (22/8/2023), Gubernur yang telah menjabat dua periode ini menyampaikan pandangannya mengenai "Sinergi Kebijakan dan Strategi Pembangunan".

Olly Dondokambey menyoroti kekayaan sumber daya alam di Laut Pasifik, khususnya di Teluk Tomini, yang membuatnya menjadi perhatian negara-negara kaya. Gubernur mengutip pandangan Dr. Sam Ratulangi, penulis buku yang menyebut Sulut sebagai masa depan Indonesia, bukan hanya masa depan provinsi tersebut.

“Laut Pasifik sangat dilirik oleh negara-negara kaya, karena sumber daya alam yang terkandung di dalamnya. Seperti di Teluk Tomini, dengan kekayaan hasil lautnya,” ucap Olly Dondokambey.

Gubernur Olly juga menggarisbawahi pertumbuhan ekonomi masyarakat di berbagai sektor, yang diperkuat oleh dukungan pemerintah melalui berbagai produk hukum. Dia menjelaskan bahwa produk-produk hukum seperti peraturan daerah (perda) dan peraturan gubernur dirancang untuk memudahkan warga dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk investasi.

Salah satu contoh nyata yang dia berikan adalah asuransi untuk petani dengan perlindungan ganti rugi saat mengalami gagal panen. Produk-produk hukum semacam ini dirancang untuk memberikan kemudahan warga bagi investor dalam berinvestasi.

Gubernur yang pernah menjadi legislator ini juga memaparkan keragaman budaya di Sulut, yang menjadikannya provinsi yang dikenal dengan julukan "provinsi toleran". Penghargaan internasional pun telah diterima Sulut berkat kerukunan yang diperlihatkan oleh berbagai suku yang hidup bersama.

Olly juga mengapresiasi tanda kehormatan Bintang Jasa Utama yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo. Namun, ia menekankan bahwa penghargaan ini sebenarnya adalah penghargaan untuk semua warga Sulut.

Dalam penutup orasinya, Gubernur Olly berharap Fakultas Hukum Unsrat akan terus meraih kesuksesan dan terus berperan dalam membentuk generasi muda yang berilmu dan berkontribusi positif untuk bangsa dan daerah.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.