Header Ads

Bawaslu Manado Akan Menggeluarkan Imbauan Terkait Kampanye atau sosialisasi Caleg Parpol

 

Manado,editorialsulut.com - Bawaslu Kota Manado, nantinya akan mengeluarkan imbauan untuk semua partai politik (Parpol), agar tidak berkampanye atau apa pun itu di luar masanya. 

"Imbauan pasti kami keluarkan, karena sekarang sudah ada regulasi soal kampanye, yakni Peraturan KPU nomor 15/2023 serta surat edaran Bawaslu nomor 43/2023 terkait apa-apa yang harus disiapkan sebelum dan sesudah masa kampanye," kata Ketua Bawaslu, Brilliant Maengko, melalui Koordinator Devisi Pengawasan Humas dan  Hubungan Antar Lembaga (Hubal), Abdul Gafur Subaer, di Manado, Kamis. 

Dia mengatakan, memang saat ini, kategori yang bisa diungkap adalah sosialisasi sebenarnya, jadi tak salah ketika ada Caleg yang sosialisasi, tapi aturannya. 

"Ada rule atau aturannya, jika sudah kategori kampanye, sudah pasti akan kami tindak, tapi untuk sementara kami akan mengimbau baik Bacaleg maupun Parpol terkait kampanya di luar masanya," kata Gafur.   

Dia mengakui memang berdasarkan regulasi yang ada, saat ini pihaknya belum bisa menindak terlalu jauh. Sebab itulah langkah Bawaslu Manado adalah mengeluarkan imbauan dulu. 

Namun dia menegaskan, pihaknya juga akan memeriksa, jika dalam berbagai alat peraga yang bertebaran itu itu sudah ada ajakan untuk memilih, maka akan dikategorikan sebagai kampanye, dan sudah pasti akan ada tindakan. 

"Namun yang ada sekarang rata-rata masih sosialisasi, itupun bisa dilihat dalam baliho atau spanduk yang beredar tidak ada nomor urut dan lainnya, sehingga masih sebatas mengenalkan diri dan memberitahukan masyarakat soal kepesertaannya dalam pemilu legislatif," kata Gafur. 

Meski begitu, dia menegaskan, imbauan akan segera dikeluarkan, supaya peserta pemilu tidak melampaui yang seharusnya, dalam artian, jangan sampai sosialisasi menjadi kampanye. 

Mengenai siapa yang akan melakukan eksekusi dalam penertiban nanti, kata Gafur, ada di pihak KPU atau pemerintah, karena menurut regulasi Bawaslu hanya merekomendasikan yang mana dan bagaimana yang akan ditertibkan.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.