Header Ads

Tingkatkan Gizi Balita dan Ibu, Pemdes Rumoong Bawah Bagikan Vitamin dan Susu Formula ke Masyarakat


https://drive.google.com/uc?export=view&id=1xDC06FaWL6eRKH05wCPKCuR7L5O7wTRT

Minsel, ESC - Untuk meningkatkan pelayanan Kesehatan bagi Masyarakatnya, Pemerintah Desa (Pemdes) Rumoong Bawah Kecamatan Amurang Barat, Kabupaten Minahasa selatan (Minsel) melaksanakan Giat Posyandu dan Lansia Pemberian Vitamin, Susu formula bagi anak Balita-Ibu Menyusui, dan makanan tambahan, Senin (18/09/2023).

Dalam program pemberdayaan khususnya bidang kesehatan bisa diwujudkan melalui kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), karena posyandu merupakan pelayanan dasar di desa kepada masyarakat dengan dibantu oleh petugas kesehatan.

Kegiatan posyandu ini bertujuan untuk meningkatkan gizi pada bayi dan balita, mengetahui tumbuh kembang pada bayi dan balita serta memberikan makanan tambahan, juga pemeriksaan kesehatan pada ibu hamil dan Lanjut Usia (Lansia) serta pencegahan stunting, ini dilaksanakan secara gratis karena sudah dianggarkan melalui anggaran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2023.

Hukum Tua Desa Rumoong Bawah Sandra Rampisela, menjelaskan dengan adanya kegiatan posyandu ini berharap kesehatan masyarakat bisa lebih diperhatikan dan angka Stunting kepada anak terus dipantau.

"Kegiatan posyandu ini terbagi menjadi 2, yaitu posyandu Balita dan Posyandu Lansia, dan yang menjalankan kegiatan posyandu tersebut petugas kesehatan dan kader posyandu serta memantau terus perkembangan stunting terhadap anak," ungkap Rampisela.
https://drive.google.com/uc?export=view&id=1nTH0CNotUn1--H0wINIefqo8wC-guuCo
Pemerintah Desa Rumoong Bawah berharap kepada masyarakat untuk selalu hadir dan aktif dalam kegiatan posyandu untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak, selain itu masyarakat juga bisa berkonsultasi kepada petugas kesehatan guna memantau kesehatan lansia dan menekan angka Stunting terhadap anak, ungkap Rampisela.

Tumuju juga menambahkan di desa kami untuk Stunting didapati ada 2 anak, melalui program dan selalu diberikan edukasi kesehatan serta pemberian makanan, hingga saat ini tinggal satu anak saja yang stunting. Ini merupakan suatu capain yang diraih untuk mensukseskan program pemerintah untuk menurunkan angka stunting, tutupnya.

Dalam kegiatan Posyandu tersebut selain memeriksakan kesehatan kepada ibu hamil dan lansia juga penimbangan balita juga diberikan makanan tambahan berupa kacang ijo, telur, Buah dan susu.

Untuk kegiatan posyandu bayi dan balita dan lansia dipusatkan di Kantor Desa Rumoong Bawah oleh petugas Kesehatan UPT Puskesmas dan kader kader Posyandu desa.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.