Header Ads

Bupati Franky Tinjau Penanaman 2000 Batang Mangrove di Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat

Minsel, ESC - Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH meninjau Lokasi Penanaman 2000 batang mangrove jenis rizhopora sp di Desa Kapitu Kecamatan Amurang barat oleh PT. Cargill Indonesia dan Kelompok Manengkel solidaritas juga bersama Kelompok Budidaya mangrove Desa kapitu, Kamis (26/10/2023).

Dalam Kesempatan tersebut Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH setelah meninjau Lokasi Penanaman mangrove, selanjutnya meninjau lokasi Pembibitan Mangrove yang ada di desa kapitu serta menyampaikan kepada warga sekitar dan para anggota Kelompok Budidaya untuk bersama - sama menjaga lingkungan alam terutama Mangrove yang ada.

Untuk diketahui bahwa Di Provinsi sulawesi Utara terdapat 2 lokasi Pembibitan Mangrove yaitu di bahowo Tongkeina dan Desa kapitu Kecamatan Amurang Barat.

Kelompok Budidaya mangrove Desa kapitu adalah binaan dari Kelompok Manengkel solidaritas sejak tahun 2019
Mangrove jenis Rhizophora sp. merupakan salah satu jenis tumbuhan mangrove, yaitu kelompok tanaman tropis yang bersifat halophytic atau toleran terhadap garam (Irwanto, 2006). Rhizophora sp. termasuk dalam famili Rhizophorazceae. Ada tiga jenis yang tergolong dalam Rhizophora sp., yaitu R. mucronata, R. apiculata dan R. stylosa.

Pelestarian Lingkungan adalah proses atau cara perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan. Penataan sumber daya alam yang menjamin pemakaiaannya secara berkesinambungan simpanannya yaitu dengan tetap meningkatkan kualitas nilai keanekaragamannya dan tetap memeliharanya. Hutan mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup kita diantarnya yakni 1) sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain tumbuhan mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai.

Kelompok Manengkel solidaritas menyampaikan juga telah dilakukan Transplantasi Karang di Area Desa Kapitu dan Mengapresiasi kehadiran dari Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH dilokasi tersebut menjadi bukti atas kepeduliaan Pemerintah Kabupaten Minahas Selatan dibawah Kepemiimpinan Bupati Franky Donny Wongkar, SH terhadap pelestarian lingkungan.(Steven Paat)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.