Header Ads

Bawaslu Manado Ajak Media Massa Aktif Mengawasi Logistik Pemilu

 


Manado Editorialsulut.com - Berkaca dari pemilu sebelumnya, yang sempat kisruh karena logistik, Bawaslu Manado pun ambil langkah antisipasi. Sebagai penyelenggara pemilu, yang melaksanakan fungsi pengawasan, Bawaslu mengajak media massa ikut mengawasi logistik pemilu. 


Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Manado, Abdul Gafur Subaer, bersama koordinator divisi penindakan, Heard Runtuwene,  menyampaikan ajakan tersebut, Senin siang. Ajakan itu, disampaikan Gafur, dalam rapat fasilitasi teknis penanganan pelanggaran tahapan pengadaan dan pengelolaan logistik, di hotel quality, Manado. 

"Rekan-rekan media, harus ikut memantau, tahapan ini. Sebab pemberitaan media massa juga merupakan bentuk pengawasan yang cukup efektif," kata Subaer. 

Dia mengatakan para pekerja media harus menanyakan dengan seksama kepada KPU langkah apa saja yang sudah dan akan dilakukan dalam tahapan pengadaan dan pengelolaan hingga distribusi logistik nanti. 

Gafur juga menyampaikan banyak hal dalam pertemuan, yang juga menghadirkan dua akademisi Unsrat, Victor Rotti dan Yusuf Wowor, serta para pekerja media di Manado. 

Sedangkan pemateri akademisi Victor Rotty, mengangkat tentang pengawasan dan hasilnya. Bahwa pengawasan yang baik, dapat mencegah terjadinya pelanggaran dalam pemilu nantinya. 

Dia juga mengangkat hambatan yang bisa ditemui Bawaslu dalam melakukan pengawasan, yakni keterbatasan SDM, teknik manipulasi dan aktivitas rintangan. Maka dia mengingatkan bahwa dalam rangka menjaga integritas pemilu, penting untuk terus memperkuat para pengawas Pemilu.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.