Header Ads

Kaleidoskop Raihan Prestasi Minsel Selang Tahun 2023 Berkat Tangan Dingin Bupati Franky



Minsel, ESC - Berbagai Prestasi di toreh oleh Bupati Franky Donny Wongkar, SH bersama Wakil Bupati Pdt Petra Yani Rembang, di masa kepemimpinan yang sudah berjalan 3 Tahun. Dimana Kepemimpinan mereka Tata Kelola Keuangan mendapatkan penilaian terbaik dan Peringkat 1 dalam Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah.

Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dibawah Pimpinan Bupati Franky Donny Wongkar, SH dan Wakil Bupati Petra Yani Rembang terus berupaya meningkatkan tata kelola Pemerintahan yang baik dan terus menciptakan prestasi dalam menjalankan roda pemerintahan hingga mendapat capaian prestasi yang diraih selama tahun 2023, hingga hal ini menuai apresiasi dari Pemerintah Pusat dan Pemprov Sulut serta masyarakat Minsel.

Mendapat Apresiasi tersebut Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH mengucapkan terima kasih kepada semua baik Pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Sulut dan masyarakat Minsel karena ini merupakan hasil kerjasama yang baik juga kepada semua jajaran Pemkab Minsel yang telah bekerja dengan baik.

"Apa yang telah dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan ini merupakan hasil kerjasama dan kerja keras semua pihak hingga kita bisa meraih berbagai Prestasi untuk Minsel Maju Berkepribadian dan Sejaterah, "ungkap FDW.

Bupati FDW berharap agar hal tersebut menjadi motivasi bagi seluruh perangkat daerah yang ada untuk meningkatkan kinerjanya dan semoga prestasi ini dapat dipertahankan juga ditingkatkan pada masa yang akan datang”, tutup Bupati FDW

Dan inilah sederet Prestasi yang berhasil diraih oleh Bupati Franky Donny Wongkar SH bersama Wabub Petra Yani Rembang diantaranya di tahun 2023.

1. Sertifikat Eliminasi Malaria Atas Pencapaian Eliminasi Tahun 2023 Dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Yang Diterima Peringatan Pada Hari Malaria Sedunia Tingkat Nasional Tahun 2023;


2.Piagam Penghargaan Dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia Atas Dedikasi, Kontribusi Dan Keberhasilan Dalam Membangun Bidang Pertanian, Yang Diterima Pada Kegiatan Penas Ktna Xvi Tahun 2023;

3.Sertifikat Akreditasi Unit Pelaksana Uji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Selatan Dari Akreditasi C Menjadi Akreditasi B, Dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Nomor Kp-drjd 4040 Tahun 2023 Tentang Penetapan Akreditasi Unit Pelaksana Uji Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Selatan;

4.Piagam Penghargaan Dari PLN ULD Sulutteggo Kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Atas Komitmen Dalam Melunasi Tagihan Pemakaian Listrik Setiap Bulan Dengan Cepat Dan Tepat Waktu.

5. Kabupaten Layak Anak Tahun 2023. Penyerahan penghargaan tersebut pada Malam Penganugerahan Apresiasi KLA tahun 2023 secara hybrid. Bupati Franky Donny Wongkar SH, menerima penghargaan tersebut secara virtual di Ruang Rapat Bupati lantai Dua Kantor Bupati Minsel Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur.

6.Piagam Penghargaan Desa Anti Korupsi tahun 2023 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi RI, menyerahkan Penganugerahan Desa Anti Korupsi bagi 22 desa yang lolos sebagai percontohan desa anti korupsi dari 22 provinsi, salah satunya Desa Wiau Lapi Kecamatan Tareran Kabupaten Minahasa Selatan.


7. Anugerah Penghargaan Mapalus Pendidikan. Bupati Minahasa Selatan, Franky Donny Wongkar menerima empat kategori penghargaan di Anugerah Mapalus Pendidikan Tahun 2023.

Dari keempat kategori penghargaan itu, yakni

-Daerah Pelaksana Transformasi Pendidikan

-Daerah Terbaik Pelaksanaan Literasi -Digital Daerah Terbaik Penggunaan Platform Merdeka Mengajar

-Daerah Terbaik aktivasi Akun Belajar.id.


8. Piagam Penghargaan BKN Award 2023.

Bupati FDW menerima Piagam penghargaan BKN Award Tahun 2023,atas prestasi Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan sebagai Peringkat 1 atas capaian dalam Penerapan Pemanfaatan Data – Sistem Informasi dan CAT serta Peringkat 2 atas capaian dalam Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian, kedua-duanya untuk Kategori Pemerintah Kabupaten Wilayah Tengah Tipe Kecil.


9. Bupati Franky Donny Wongkar menerima Penghargaan Kabupaten Kota Sehat Kategori Swasti Saba Tahun 2023 oleh Kementerian Kesehatan.

Adapun penganugerahan Swasti Saba atau Kota Sehat Tahun 2023 ini diumumkan dalam radiogram Menteri Dalam Negeri dan ditandatangani oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Restuardy Daud pada tanggal 23 November 2023.

10. Masuk 5 besar Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik tahun 2022 oleh Ombudsman. Penyerahan atas pencapaian Pemkab Minsel terhadap penilaian kepatuhan pelayanan publik itu sendiri diserahkan oleh Kepala Kantor Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sulut Meilany Limpar.

11. Bupati menerima Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023 Kabupaten Terbaik 2 dengan inovasi Gerakan “Mari Jo Ba Tanam”, meningkatnya produksi dan produktivitas tanaman perkebunan, tanaman pangan dan tanaman holtikultura. Penghargaan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sulawesi Utara Nomor 93 Tahun 2023.

12. Kabupaten Minahasa Selatan Meraih 7 Kali Berturut turut Opini WTP Tahun 2023.

Minsel berhasil meraih  opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke 7 (tujuh) kali berturut-turutnya Minsel menyandang opini WTP, semenjak tahun 2016, 2017, 2018, 2019, 2020, 2021 dan 2022. 

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH menerima Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)  Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Minahasa Selatan Tahun 2022 bersama dengan 14 kabupaten/Kota lainnya di Sulut.  Penyerahan LHP atas LKPD Minsel Tahun 2022.

13. Paritrana Award Tahun 2022 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara;

14. Kabupaten Terbaik 2 Penghargaan Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Povinsi Sulawesi Utara Tahun 2023;

15. Terbaik 1 Kepatuhan Pelaporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tingkat Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2022;

16. Peringkat 2 Se-sulawesi Utara Untuk Pencapaian MCP Pemerintah Daerah Tahun 2022

17.Peringkat 1 Kategori Kabupaten/kota Atau Peringkat 2 Sesudah Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Atas Capaian Indeks Integritas Berdasarkan Spi Tahun 2022.

18. Piagam Penghargaan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia Atas Dedikasi, Kontribusi Dan Keberhasilan Dalam Membangun Bidang Pertanian, yang diterima Pada Kegiatan PENAS KTNA XVI Tahun 2023;

19.Piagam Penghargaan Dari Gubernur Sulawesi Utara Kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Atas Komitmen Dan Dedikasi Dalam Proses Sertifikasi Tanah Aset Pemerintah Daerah;

20.Piagam Penghargaan Dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara Kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Atas Bantuan, Kerjasama, Dukungan, Perhatian Dan Partisipasi Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Provinsi Sulawesi Utara Musim Haji 1444 H/2023 M;

21.Tanda Penghargaan Lencana Pancawarsa IV Kepada Bupati Minahasa Selatan Selaku Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Minahasa Selatan Dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Utara

22.Penghargaan Sertifikat Proklim Utama Tahun 2023 Dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk 2 Kelurahan (Pondang Dan Ranomea) Dan 2 Desa (Wiau Lapi Dan Popontolen); 1 (Satu) Penghargaan Piagam Proklim Pratama Tahun 2023: Desa Sondaken, 2 (Dua) Penghargaan Piagam Proklim Madya Tahun 2023: Desa Popareng Dan Desa Wawona. 

23.Apresiasi Dan Penghargaan Dari Menteri Dalam Negeri Ri Dan Menteri Keuangan RI kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Atas Kinerja Pengendalian Inflasi Terbaik Periode Ketiga Tahun 2023 sebesar Rp. 9.538.801, Sehingga Kabupaten Minahasa Selatan menjadi satu-satunya Daerah di Provinsi Sulawesi Utara yang 2 kali mendapatkan Insentif Fiskal Dalam Rangka Pengendalian Inflasi Daerah. 

24.Nilai kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tahun 2023 sebesar 90,84 Zona Hijau Kategori A Kualitas Tertinggi dari Ombudsman RI, naik cukup signifikan dari sebelumnya 63,78, zona kuning kategori C kualitas sedang di tahun 2022. Hal ini berdasarkan Keputusan Ketua Ombudsman RI Nomor 418 Tahun 2023 Tentang Hasil Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023.(Steven Paat)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.