Header Ads

Cegah Banjir PU Manado Gandeng Balai Sungai keruk Muara

 


Manado ESC -  Dinas PU Kota Manado, berkoordinasi dengan balai sungai, melakukan pengerukan mura sungai, untuk menanggulangi banjir yang masih terjadi di kota itu, setiap kali hujan deras mengguyur Manado. 

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas PU Kota Manado, Johny Suwu, ST, menanggapi masih terjadinya banjir di sejumlah titik, seperti di Bailang dan Mahawu,  di Kota Manado. 

"Saya langsung menyampaikan kondisi terkini Kota Manado, ketika hujan mengguyur Manado dan terjadi genangan air di sejumlah titik, yang menjadi masalah berulang di daerah ini," kata Johny Suwu, di Manado. 

Dia mangatakan, Manado sudah melakukan pengerukan kali, dan saluran air, baik yang terbuka maupun tertutup, tetapi karena di muara sungai terjadi sedimentasi, dan menciptakan delta - delta, maka air bukannya mengalir ke laut, malah kembali ke daratan. 

Karena itulah, maka menyebabkan terjadinya banjit. Sebab itu, pihaknya meminta agar balai sungai bersama, melakukan pengerukan di muara, sebab itu mejadi kewenangan balai sungai. 


Selain itu, salah satu masalah yang masih terjadi dan menjadi kekuatiran tersendiri, adalah seringnya terjadi air yang turun langsung dari gunung Tumpa, membawa material batu-batuan besar, yang menyebabkan masalah di sekitar pemukiman relokasi Pandu. 

"Seperti yang terjadi pada hari Sabtu pekan lalu, air seperti bah dengan membawa banyak material batu-batu dan tanah di relokasi Pandu, sehingga harus dilakukan pembersihan besar-besaran menggunakan alat berat sehingga semua material bisa terangkut dan dibersihkan,"katanya. 


Dia berharap dengan langkah pengerukan muara sungai, nantinya akan membuat masalah banjir bisa teratasi, sebab sekarang pemerintah sudah melebarkan sungai maupun mengeruk saluran air.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.