Header Ads

Abu Vulkanis Tutupi Manado, Puskemas Sario Bagi-bagi Masker

 


Manado ESC - Melindungi masyarakat dari ancaman penyakit, karena abu vulkanis yang disemburkan Gunung Ruang, di Tagulandang, Sitaro, Puskesmas Sario, dipimpin langsung kepalanya, dr. Jakob Padjan, Sp.B melakukan pembagian masker, bagi masyarakat umum, di jalan A Yani, Selasa (30/4) sore. 

Semua warga yang melintasi area jalan A Yani, diberikan masker kesehatan. Baik yang menggunakan kendaraan roda dua, roda empat, hingga jenis mobil besar seperti truk. 


"Kami membagikan sekitar 5.000 masker Bagi semua, baik sopir, penumpang, maupun pengedara sepeda motor. apakah itu plat hitam, kuning, merah hingga yang berwarna putih,"kata dr. Koko, sapaan akrab, spesialis bedah itu disele-sela pembagian masker. 

Ditemani para staf Puskesmas Sario, serta para kepala lingkungan di Sario Tumpaan, pembagian dilakukan di jalan raya yang dipadari kendaraan bermotor. 


Dia mengatakan, dengan pembagian masker tersebut, diharapkan bisa mencegah dampak erupsi pada keseharan saluran pernafasan manusia. 

"Jadi pakai masker yang sudah kami berikan, saat beraktivitas di luar rumah. Jangan diabaikan, sebab jika sampai tak digunakan, akan menyebabkan infeksi saluran pernafasan atas akut, juga penyakit pada kornea mata, dan jika terjadi dalam waktu lama, bisa menyebabkan terjadinya radang paru-paru," tegasnya. 


Bahkan dr. Koko mengingatkan, bahwa selama kondisi masih seperti ini, dimana abu vulkanis masih beterbangan di langit Manado, maka penggunaan masker tak boleh dihentikan. 

Pembagian masker itu, katanya adalah bentuk tanggung jawab pemerintah melalui Puskesmas Sario, untuk melindungi masyarakat dari dampak erupsi gunung Ruang, yang menyemburkan abu vulkanis sampai ke Manado ini.(Dims)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.