Header Ads

DPRD Manado Ingatkan Seluruh Puskesmas Layani Semua Pasien Yang Datang Berobat

Richard Sualang
Manado, BLITZ -- DPRD Manado mengingatkan seluruh Puskesmas yang ada di Kota Manado untuk menerima semua pasien yang datang berobat dan rawat inap, termasuk ibu melahirkan dengan atau tanpa jaminan. Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Manado, Richard Sualang. 

Menurutnya, siapapun dia selama masih tercatat warga Manado, harus diterima, jaminan adalah urusan belakangan jangan administrasi dijadikan alasan tidak melayani masyarakat.

"Bagaimanapun kondisi pasien harus dilayani, persoalan akan dirujuk ke pusat layanan kesehatan tingkat lanjut itu urusan kemudian, yang pasti dilarang menolak pasien, termasuk ibu melahirkan yang masuk kategori pasien umum tanpa jaminan," tutur Sualang yang berlatar belakang sebagai dokter, Selasa (27/2/2018).

Sualang menegaskan, kesehatan itu adalah urusan wajib, sehingga mulai dari wali kota, wakil wali kota, kepala dinas sampai kepala Puskesmas harus memperhatikan hal tersebut, jangan diabaikan.

Dia pun menegaskan akan memanggil dinas kesehatan dan Puskesmas untuk menjelaskan mengenai hal tersebut. "Supaya tidak menimbulkan keresahan karena Puskesmas menolak ibu yang akan melahirkan, yang tak mendapatkan jaminan apapun dan masuk kategori umum," tandas Sualang.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Manado, Robby Mottoh mengatakan, Puskemas tetap wajib menerima pasien umum, termasuk ibu melahirkan, meskipun tanpa jaminan.

"Karena kan itu kewajiban, memang sekarang semua ada jaminan baik secara mandiri atau oleh pemerintah, namun yang tidak punya pun tetap harus dilayani," katanya.

Mottoh mengatakan, akan memanggil dan menanyai kepala Puskesmas jika ada yang menolak, pasien umum terutama ibu melahirkan dengan alasan tidak ada jaminan, sebab kewajiban pemerintah memberikan layanan kepada masyarakat termasuk urusan kesehatan dan melahirkan dengan atau tanpa jaminan


Riddy
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.