Header Ads

Manalip buka Bursa Inovasi Desa se-Talaud


Bupati Sri Wahyumi Manalip bersama Fokopimda dan panitia Pelaksana BID.(foto:ist)


Melonguane, BLITZ--Dengan kucuran dana desa yang besar, harapan terjadinya eskalasi pertumbuhan ekonomi perlu di dorong dengan berbagai kreasi dan inovasi dari pemerintah dan masyarakat desa itu sendiri dalam memanfaatkan dana desa.


Demikian yang diharapkan Bupati Sri Wahyumi Manalip SE, saat membuka pelaksanaan Bursa Inovasi Desa di Aula Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), kamis (13/9).


"Inovasi akan mendorong berlangsungnya usaha-usaha kreatif di desa guna meningkatkan perekonomian yang bermuara pada tercapainya kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Peserta Bursa Inovasi Desa dari 143 desa se-Talaud. (Ist)


Sementara Ketua pelaksana Bursa Inovasi Desa Rinto Amisi SS mengatakan, dasar pelaksanaan adalah undang-undang tentang desa dan aturan turunan lainnya.


"Manfaat dari kegiatan ini sangatlah banyak, terutama munculnya inovasi-inovasi baru di setiap desa yang bisa saling bertukar pengetahuan untuk kemajuan desa," ungkap Amisi



Lebih jauh ia katakan tujuan dari pelaksanaan Bursa Inovasi Desa adalah berkembangnya perekonomian warga, tetapi tentu dengan memperhatikan usulan yang ada dan datang dari masyarakat itu sendiri.


"Ada tiga aspek yang secaa langsung akan tercapai melalui kehadiran inovasi-inovasi baru di desa yaitu, Infra struktur, pengembangan potensi lokal dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di desa," jelas Amisi.


Bursa Inovasi Desa se-Talaud untuk tahun ini hanya berlangsung satu hari, tetapi untuk tahun-tahun selanjutnya akan lebih ditingkatkan lagi.





Den-Dala
block ID 8794 : editorialsulut.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.